Beruang Madu Jantan Masih Berkeliaran di Kebun Sawit Warga

Beruang jantan itu diduga pasangan dari beruang madu betina yang terjerat jaring babi yang dipasang di daerah itu, Selasa lalu

Beruang Madu Jantan Masih Berkeliaran di Kebun Sawit Warga
tribun medan/HO
Tim gabungan saat selamatkan satu di antara dua ekor Beruang Madu yang terjerat perangkap Babi, Selasa (11/6/2019) 

Laporan Wartawan Serambi Indonesia Zainun Yusuf

TRIBUNNEWS.COM, ACEH - Sekor beruang madu jantan dilaporkan masih berkeliaran dalam lahan perkebunan kelapa sawit warga Desa Ladang Neubok, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) selama dua hari terakhir.

Beruang madu yang masih berkeliaran di kawasan kebun masyarakat itu diduga berjenis kelamin jantan.

"Beruang itu pasangan dari beruang madu betina yang terjerat jaring babi yang dipasang di daerah itu, Selasa lalu,” kata Tarjuddin, Kepala Desa/Keuchik Gampong Ladang Neubok, Kecamatan Jeumpa dihubungi Serambinews.com, Jumat (14/6/2019).

Berdasarkan laporan yang diperoleh keuchik dari petani bahwa mereka masih terdengar suaran beruang, sepertinya memanggil pasangan dan anggota yang sudah hilang di lokasi.

Tapi, tapi tidak ada warga yang berani melihat secara dekat.

Masyarakat menduga beruang madu yang sekarang ini berkeliaran di kawasan pengunungan Ladang Neubok berjenis kelamin jantan, dan merupakan pasangan beruang madu dewasa betina yang terjerat jaring babi bersama satu ekor beruang madu jantan remaja di kebun kelapa sawit milik anggota Kelompok Ladang Neubok, Kecamatan Jeumpa, Selasa, lalu.

Beruang madu yang selama ini sering berkeliaran di kawasan semak belukar dan areal perkebunan kelapa sawit di pengunungan Ladang Neubok, berasal dari Gunung Seupuyoeh.

“Hewan langka tersebut turun dari pegunungan Seupuyoeh untuk mencari makanan terutama madu dari sarang lebah, dan hewan langka ini tidak mengganggu tanaman milik masyarakat di kawasan tersebut,” ungkap Keuchik Tarjuddin.      

Diberitakan sebelumnya, dua ekor beruang madu berjenis kelamin betina dengan berat badan sekitar 50 kg dan beruang madu berjenis kelamin jantan dengan berat badan sekitar 20 kg, terjerat jaring yang dipasang di kebun kelapa sawit milik warga Ladang Neubok, Kecamatan Jeumpa, Selasa (11/6/2019) lalu.     

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved