Luar Biasa, Cageur Jasa Kota Tangerang Masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Cageur Jasa memberikan pelayanan pengecekan kesehatan secara langsung hingga ke rumah-rumah, oleh petugas kesehatan sesuai standar, dan selaras dengan

Luar Biasa, Cageur Jasa Kota Tangerang Masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik
Pemkot Tangerang
Cageur Jasa berikan pelayanan pengecekan kesehatan secara langsung hingga ke rumah-rumah, oleh petugas kesehatan sesuai standar, dan selaras dengan program Kementerian Kesehatan. 

Komitmen Kota Tangerang di bawah pimpinan Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, dalam mewujudkan kota layak huni tak hentinya dilakukan, khususnya dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya.

Seperti halnya yang dilakukan Dinas Kesehatan melalui Program Colaborasi Kunjungan Rumah Integrasi Keluarga Sehat (Cageur Jasa).

Cageur Jasa memberikan pelayanan pengecekan kesehatan secara langsung hingga ke rumah-rumah, oleh petugas kesehatan sesuai standar, dan selaras dengan program Kementerian Kesehatan yang berusaha untuk membuat pendekatan atau sosialisasi kesehatan pada keluarga.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hj. Liza Puspadewi, M.Kes, Program Cageur Jasa adalah upaya Dinkes dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan mendatangi rumah warga secara langsung.

Program tersebut merupakan pengembangan dari dua program yakni Usaha Kesehatan Perorangan (UKP) dan Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM). Petugas Cageur Jasa dilengkapi dengan peralatan medis saat melakukan pemeriksaan ke rumah warga.

Adapun jenis penyakit yang diperiksa, mulai dari penyakit ringan hingga adanya temuan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).

Cageur Jasa 3
Petugas Cageur Jasa melakukan kunjungan ke rumah warga setelah jam kerja di Puskesmas selesai.

 
"Petugas Cageur Jasa melakukan kunjungan ke rumah warga setelah jam kerja di Puskesmas selesai. Bila ditemukan masalah, akan ditangani oleh petugas. Jika tidak dapat ditangani di tingkat puskesmas, maka akan diberikan rujukan ke rumah sakit. Jika sehat akan diberikan edukasi mengenai pola hidup bersih dan sehat," ujar dr. Liza saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (21/06).

Ditambahkannya, Program Cageur Jasa memiliki keistimewaan karena para pasien akan ditangani langsung oleh para petugas kesehatan yang handal sesuai dengan kebutuhan pengobatan pada pasien.

 "Jadi kami lakukan tindakan kepada masyarakat tidak sembarangan. Jika memang ada yang tidak dapat ditangani oleh petugas puskesmas, maka kami akan rujuk ke fasilitas kesehatan lanjutan untuk mendapatkan penanganan pengobatan dari dokter-dokter ahli biar masyarakat mendapatkan pelayanan maksimal dan terbaik," paparnya.

Cageur Jasa 2
Petugas Cageur Jasa jelaskan alur pelayanan kesehatan.

 Bagaimana alur dan manfaat cageur jasa?

Adapun alur pelayanannya, petugas kesehatan mengunjungi rumah pasien, jika dapat ditangani di lapangan, maka akan langsung ditangani. Sedangkan jika tidak, pasien langsung dibawa dengan menggunakan ambulan gratis ke Puskesmas. Jika Puskesmas tidak dapat menangani, maka akan dipanggil ambulan 119 untuk dibawa ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut (FKTL).

Manfaat yang dapat diperoleh dari Progam Cageur Jasa, diantaranya, pasien yang tidak dapat datang ke Puskesmas dan membutuhkan pelayanan, dapat terjaring dengan adanya kunjungan Cageur Jasa.

Sejak dicanangkan pada 2017, Program Cageur Jasa telah dilaksanakan pada 36 Puskesmas di wilayah Kota Tangerang secara serentak dan terus-menerus, dengan dampak yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

Atas upaya tersebut, program ini turut masuk kedalam Top 99 Inovasi Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Bahkan berpeluang masuk ke Top 45 Inovasi Publik, andai pada tahap berikutnya, saat paparan, 8 Juli 2019, dapat kembali memikat tim dari Kemenpan RB.(*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved