Breaking News:

Awas, ASN yang Ketahuan Menikah Siri di Lingkungan Pemkab Malang Bisa Diberhentikan dari Tugas

Pemkab Malang menyampaikan sosialisasi mengenai izin perkawinan dan perceraian bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Scoop
Nikah Siri 

TRIBUNNEWS.COM, MALANG - Pemkab Malang menyampaikan sosialisasi mengenai Peraturan Pemerintah Republik indonesia nomor 45 tahun 1990 tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 10 tahun 1983.

Regulasi tersebut mengatur tentang izin perkawinan dan perceraian bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), tak terkecuali di lingkungan Pemkab Malang. ASN yang diundang meliputi kepala perangkat daerah, sekretaris, kasubbag kepegawaian, kepala sekolah dan UPT.

Sosialisai disampaikan langsung oleh Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi dan Kepala Inspektorat Kabupaten Malang, Tridiyah Maestuti di ballroom salah satu hotel di Kota Malang, Rabu (26/6/2019).

Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SPD) hadir dalam gelaran sosialisai kali ini.

"Kami melakukan terkait regulasi pemerintah yang mengatur izin perkawinan dan perceraian bagi pegawai negeri sipil,"

Sanusi menyatakan pihaknya tak mau berkompromi jika ada ASN yang tak patuh terhadap regulasi. Menurutnya, harusnya bisa memberikan contoh dan panutan yang baik.

"Perselingkuhan biasanya ketemu temen lamanya, terus ketahuan, suaminya ngamuk-ngamuk. Jadi jangan selingkuh," tegas Sanusi.

Di sisi lain, Kepala Inspektorat Kabupaten Malang, Tridiyah Maestuti menegaskan kepada para ASN di Pemkab Malang agar tidak melakukan praktik pernikahan siri.

Jenis pernikahan tersebut tidak diperbolehkann, lantaran tak sesuai dengan regulasi yang berlaku. Sanksi tegas akan menghampiri para ASN jika kedapatan melakukan praktik pernikahan siri.

"Bahkan kalau ada yang nikah siri bisa diberhentikan. Nikah siri itu tidak boleh karena dalam UU (undang-undang) yang berlaku tidak mengatur pernikahan antar agama di bawah tangan (pernikahan siri)," jelas Tridiyah.

Halaman 2 >>>>>

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved