Breaking News:

Langkah Baik di Malam Baik: Gebrakan Pemkot Bogor Tertibkan Kota Jelang Lebaran

Ketika takbir berkumandang di malam lebaran, di mana sebagian besar masyarakat sedang disibukkan oleh persiapan hari raya, Pemkot Bogor tengah melaksa

Pemkot Bogor
Bima Arya bagikan makanan kepada relawan dan petugas, Selasa (4/6). 

Libur menjelang Idul Fitri tidak berarti libur bagi kegiatan pemerintahan.

Lebaran memang telah lama berlalu. Namun, ada informasi menarik tentang kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kota Bogor pada hari terakhir menjelang lebaran tiba.

Ketika takbir berkumandang di malam lebaran, di mana sebagian besar masyarakat sedang disibukkan oleh persiapan hari raya, Pemkot Bogor tengah melaksanakan beberapa kegiatan sebagai langkah 'menyulap' Bogor jadi kota yang bersih dan aman terkendali ketika hari raya.

Selasa terakhir bulan Ramadhan lalu, (4/6) di halaman Balaikota Bogor digelar Apel Bersama petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Dinas Kebersihan, PD Pasar Pakuan Jaya hingga Dinas Koperasi dan UMKM di Balaikota Bogor. Malam harinya Wali Kota Bogor Bima Arya yang didampingi Wakil Wali Kota, Dedie Rachim memantau sejumlah titik keramaian. 

Bima Arya jelang leabarn 2
Bima Arya tertibkan PKL di pasar Anyar, Bogor, Selasa (4/6).

Kegiatan itu bertujuan untuk memastikan seluruh wilayah Kota Bogor dalam kondisi aman dan tertib. Pada saat itu titik pertama yang dipantau adalah Pospam Terpadu di Terminal Baranangsiang. Di sana Wali Kota sempat berbincang dengan sejumlah petugas dari TNI/Polri maupun relawan dari RAPI, Pramuka dan PMI, sekaligus membagikan makanan dan minuman kepada mereka. 

Perjalanan dilanjut ke Wangun, Tajur, untuk menemui sejumlah pemudik yang sedang beristirahat di Posko yang dilengkapi dengan fasilitas gazebo, musala, hingga servis kendaraan bermotor. Sementara itu, titik lain dipantau melalui CCTV pada pos terpadu.

Di sela patroli malam takbiran, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor mendampingi kegiatan Presiden Joko Widodo saat membagikan paket sembako untuk warga Sempur dan sekitarnya di Pintu Utama Istana Bogor.

Bima Aryaaa
Persiapan tertibkan kota di sejumlah titik menjelang hari raya, Selasa (4/6).

Kegiataan dilanjut dengan meninjau penertiban PKL di kawasan Pasar Anyar. Seluruh kegiatan itu menurut Bima waktu itu dilakukan untuk memastikan Bogor aman, tertib, dan terkendali memasuki hari raya dan rangkaian takbiran. Kedua, memastikan kota bersih menjelang Idul Fitri. 

Penertiban dilakukan dengan membongkar 800 unit kios di kawasan Blok F Pasar Anyar. Penertiban PKL ini sifatnya tahunan. Namun, ada yang berbeda dalam kegiatan penertiban tahun ini.

"Tahun ini berbeda karena tadi secara simbolis dimulai dengan pemindahan kios pedagang untuk pembangunan Blok F ke penampungan sementara. Berhasil dicapai kesepakatan dengan pedagang," kata Bima. Kegiatan kali ini sekaligus menjadi peresmian pembangunan blok F, sehingga pada 2020 diharapkan para PKL sudah tidak kembali lagi berdagang di luar bangunan pasar. 

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved