Over Produksi, Pemkab Tegal Pilih Bagikan 9805 Ayam Ternak ke Warga Miskin daripada Dimusnahkan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal punya terobosan lain dalam menanggapi gejolak over produksi ayam ternak berstatus Day Old Chicken (DOC)

Over Produksi, Pemkab Tegal Pilih Bagikan 9805 Ayam Ternak ke Warga Miskin daripada Dimusnahkan
TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, SLAWI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal punya terobosan lain dalam menanggapi gejolak over produksi ayam ternak berstatus Day Old Chicken (DOC) atau baru menetas saat ini.

Daripada ayam-ayam itu dimusnahkan, Pemerintah lebih memilih untuk disalurkan kepada warga-warga Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Tegal.

Ayam-ayam bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI itu selanjutnya akan diberikan kepada warga melalui Pemkab Tegal.

Adapun sebanyak 9.805 ekor ayam ternak akan disalurkan kepada warga Kabupaten Tegal berstatus RTM di tiga kecamatan yakni Bumijawa, Balapulang, dan Lebaksiu.

Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie saat acara penerimaan bantuan sekaligus Sosialisasi dan Verifikasi RTM Tingkat Kabupaten Tegal itu mengharapkan proses verifikasi data rumah tangga dapat tepat sasaran serta manfaat.

Dalam penerimaan bantuan ini, turut hadir juga Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan, Toto Subandriyo, Kepala Dinas Sosial, Nurhayati serta Kepala BPTP Jawa Tengah, Soeharsono.

"Sesuaikan dengan kriteria rumah tangga yang dinilai layak untuk mengusahakan ini. Jangan sampai justru memberatkan calon penerima manfaat karena tidak memiliki lahan pekarangan yang mencukupi, atau sudah tidak lagi produktif dari sisi usia untuk menjalankan usaha ini," pesan Ardie, di Ruang Rapat Bupati, Rabu (3/7/2019) ini.

Untuk menyukseskan program tersebut, Ardie menitip pesan kepada fasilitator TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) bersama kepala desa untuk memantau perkembangan implementasi program tersebut.

Pesan itu pun berlaku untuk Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal selaku petugas di lapangan.

Ardie mengharapkan kerja keras serta bahu membahu demi suksesnya program dari Kementan itu.

"Mudah-mudahan melalui agenda ini akan terbangun kesepahaman dan tercapainya dukungan semua pihak atas pelaksanaan program Bekerja sebagai upaya pengentasan kemiskinan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat," pesan Ardie. (Tribunjateng/gum)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Daripada Dimusnahkan, Pemkab Tegal Pilih Salurkan Ayam Ternak Ke Warga Miskin, https://jateng.tribunnews.com/2019/07/03/daripada-dimusnahkan-pemkab-tegal-pilih-salurkan-ayam-ternak-ke-warga-miskin.

Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved