Kematian Puluhan Domba Mati Sempat Misterius, Ternyata Serangan Binatang Ini

Warga menyangka domba mati dalam kandang itu disergap sekelompok ajak atau anjing hutan liar

Kematian Puluhan Domba Mati Sempat Misterius, Ternyata Serangan Binatang Ini
Tribun Jabar/Deddi Rustandi
Kepala Klinik Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan, drh Mursjid Abdollah memeriksa leher domba yang luka akibaut gigitan. Luka di leher domba dipastikan bekas gigitan macan kumbang. Polisi dari Polsek Tanjungkerta mmebawa domba yang mati misterius ke klinik untuk memastikan gigitan hewan apa yang membuat doma mati 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Deddi Rustandi

 
TRIBUNNEWS.COM, SUMEDANG – Dalam empat minggu ini di Desa Gunturmekar dan Banyuasih, Kecamatan Tanjungkerta, serta Desa Cibungur, Kecamatan Rancakalong sudah 30 lebih domba mati misterius.

Warga menyangka domba  mati dalam kandang itu disergap sekelompok ajak atau anjing hutan liar.

Apalagi lokasi perkampungan dan kandang domba berada di sekitar hutan Gunung Datar dan juga Banyuasih ada di lereng Gunung Tampomas.

“Domba yang sedang bunting ini mati dengan luka di leher ditemukan Subuh tadi di Banyuasih. Domba mati dengan luka di bagian leher,” kata Kapolsek Tanjungkerta AKP A Haeruman di klinik kesehatan hewan Dinas Peternakan dan Perikanan, Tegalkalong, Selasa (16/7/2019).

Polisi dari Polsek Tanjungkerta membawa satu ekor domba yang mati ke klinik hewan untuk memastikan kematiannya.

Baca: Sikapi Peristiwa Viral di Bogor, MUI Minta Semua Pihak Waspada Terhadap Upaya Adu Domba

“Sebelumnya warga menyangka hewan itu dimangsa ajak atau anjing hutan. Tapi lukanya hanya dibagian leher bekar gigitan saja tubuh yang lain masih utuh. Di Tanjungkerta sudah ada 25 domba mati misterius yang dilaporkan,” kata Kapolsek.

Ia mengatakan menyusul kematian misterius ternak domba itu, pihaknya mengundang pemburu dari Perbakin dan bersama warga melakukan pemburuan ajak.

“Tapi tidak ditemukan dan untuk memastikan domba digigit binatang apa sengaja dibawa ke klinik kesehatan hewan supaya diperiksa,” kata Haeruman.

Kepala Klinik Kesehatan Hewan, drh Mursjid Abdollah langsung memeriksa luka di leher domba.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved