Pemkot Semarang Terima Penghargaan Internasional di Berlin

Upaya Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam melakukan pembenahan di tubuh Pemerintah Kota Semarang berbuah manis. Keberhasilannya meningkatkan kine

Pemkot Semarang Terima Penghargaan Internasional di Berlin
Ist
Pemkot Semarang Terima Penghargaan Internasional di Berlin 

Upaya Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam melakukan pembenahan di tubuh Pemerintah Kota Semarang berbuah manis. Keberhasilannya meningkatkan kinerja pemerintah serta pelayanan publik mendapat pengakuan dari dunia internasional. Kali ini apresiasi datang dari European Society for Quality Research (ESQR), sebuah lembaga riset kualitas manajemen yang berbasis di Swiss.

Melalui ajang "Quality Choice 2019" di Berlin, Germany baru - baru ini, ESQR menobatkan Pemkot Semarang sebagai yang terbaik dalam inisiasi strategi manajemen organisasi.

Dalam ajang itu, Pemkot Semarang menjadi satu - satunya organisasi pemerintah kota di dunia yang mendapatkan penilaian kategori emas. Sebelumnya penghargaan yang sama diterima oleh Pemerintah Kota Wildpoldsried, Germany dan Pemerintah Kota Amstetten,Austria.

Tak hanya pada Pemerintah Kota, setiap tahunnya ESQR juga memberikan penghargaan serupa pada berbagai organisasi, baik akademi maupun swasta seperti University Of Ferrara (Italy), BMW Group (Germany), hingga Daikin (Japan).

Adapun hadir menerima penghargaan, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi diwakili oleh Kepala Bidang Pajak Daerah, Elly Asmara dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Hernowo Budi Luhur. Penghargaan pun diserahkan langsung oleh Michael Harris, selaku Senior Advisor dari ESQR.

Hendrar Prihadi selaku Wali Kota Semarang mengaku senang atas penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kota Semarang tersebut. Namun dirinya menegaskan jika adanya penghargaan internasional tersebut hanya akan menjadi sebuah tolok ukur, bukan pencapaian.

"Dalam kapasitas, apakah sistem manjerial yang diterapkan di Pemkot Semarang sudah benar ? Adanya penilaian dari ESQR pasti menjadi penting," jelas Hendi, biasa akrab disapa Wali Kota Semarang tersebut.

"Namun ini bukan pencapaian, karena pencapaian sebenarnya adalah kesejahteraan masyarakat, dari output yang dihasilkan oleh Pemkot Semarang," tegasnya.

Di sisi lain, Hendi pun juga meyakinkan jika Pemerintah Kota Semarang akan terus berusaha mengupayakan perbaikan kinerja yang berorientasi pada kepuasan masyarakat.

"Masih banyak PR pastinya kedepan, harapan saya penghargaan ini juga menjadi pelecut semangat sedulur - sedulur di Pemerintah Kota Semarang untuk bekerja lebih baik lagi," tekan Hendi.

Penghargaan "Quality Choice" sendiri setiap tahunnya diselenggarakan oleh ESQR untuk memberi pengakuan kepada perusahaan, organisasi, administrasi publik yang telah menunjukkan keberhasilan luar biasa dalam manajemen mutu. Tak hanya itu ESQR juga menitikberatkan penilaiannya pada upaya memaksimalkan potensi penuh layanan melalui praktik orientasi kualitas.

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved