Sumsel Wakili RI Pada Festival Culture Indonesia di Rumania dan Moldova

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengaku bangga kehadiran Dubes luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Rumania dan Moldova.

Sumsel Wakili RI Pada Festival Culture Indonesia di Rumania dan Moldova
dok. Pemprov Sumsel

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru Menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Luar Biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Rumania merangkap Moldova berkedudukan di Bucharest, dalam rangka membahas persiapan Indonesia Festival 2019 di Rumania dan Republik Moldova.

Bertempat di Ruang Kerja Gubernur Sumsel (26/7), Kunjungan ini dalam rangka penguatan hubungan kerjasama antara Provinsi Sumsel dengan Rumania dan Moldova dalam berbagai bidang mulai dari tekhnologi perternakan sapi, perkebunan karet dan kopi, hingga pelayanan kesehatan, dimana Sumsel dianggap memiliki peranan penting dan strategis di kawasan ini.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengaku bangga kehadiran Dubes luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Rumania dan Moldova M. Amhar Azeth, yang juga merupakan putera daerah asli Provinsi Sumsel.

Menurut Herman Deru, Provinsi Sumsel tidak akan melewatkan kesempatan peluang kerjasama tersebut, mengingat banyak potensi hasil sumber daya alam Provinsi Sumsel yang akan berdampak pada kemajuan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya bagi petani daerah.

sumsel-290719-1

“Kerjasama dengan Rumania khusus komoditi karet, dimana langkah ini berguna untuk memaksimalkan penggunaan di dalam negeri. Terimakasih Pak Dubes, walaupun singkat bertemu namun jika secepatnya kita tindak lanjuti dengan baik, dapat melahirkan inovasi baru dan sangat bagus untuk provinsi Sumsel,” ungkapnya.

Dalam pertemuan itu juga dibahas untuk Provinsi Sumsel dalam pengembangan kerjasama di bidang kesehatan, Gubernur Sumsel H. Herman Deru menginginkan pelayanan kesehatan yang dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat menengah dan kebawah terutama dalam persoalan biaya.

Mengingat, seringkali masyarakat menjadikan pengobatan di luar negeri sebagai sugesti untuk sembuh, oleh sebab itu pula orang nomor satu di Provinsi Sumsel ini akan menginisiasi untuk berkerjasama dengan Rumania terutama pelayanan kesehatan. Apalagi, Rumania merupakan produsen obat generic, dan telah teruji mengobati kanker tanpa kemo.

“Saya ingin Provinsi Sumsel juga menanamkan sugesti seperti ini, jadi membuat orang tidak harus pergi ke luar negeri untuk berobat tapi cukup berobat ke Provinsi Sumsel. Mudah-mudahan dengan hadirnya pak Dubes kesini ada yang tersambung untuk mempromosikan Provinsi Sumsel ke Rumania dan Moldova,” tuturnya.

Sementrara Dubes luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Rumania dan Moldova M. Amhar Azeth, ditemui usai audiensi menuturkan, Provinsi Sumsel menjadi salah satu Provinsi terpilih dari empat Provinsi mewakili Indonesia pada Indonesian Festival 2019 di Rumania dan Republik Moldova.

“Rumania merupakan pintu masuk ke Uni Eropa sehingga apa yang telah kami sampaikan, beliau antusias untuk memanfaatkan peluang yang ada di Rumania apakah Rumania itu sebagai market daripada komoditi Indonesia khususnya di Provinsi Sumsel,” tuturnya.

Menurutnya, Rumania memang salah satu negara yang mempromosikan kesehatan yang murah, oleh sebab itu destinasi wisata kesehatan di eropa itu adalah Rumania. Pengobatan kanker tanpa kemo menjadi salah satu yang paling teruji di Rumania.

“Pak Gubernur sangat tertarik dibidang pelayanan kesahatan, karena selama ini BPJS terbebani karena biaya kesehatan yang tinggi,” ungkapnya.

Berkenaan dengan, Festival Indonesia yang akan digelar itu berkenaan dengan Culture Indonesia yang akan dikembangkan di Rumania dan Republik Moldova. Empat Provinsi mewakili Indonesia antara lain Kepulauan Riau, Provinsi Sumsel, Sumbar dan Aceh.

“Yang paling penting kita kembangkan adalah hubungan perdagangan yang kita tingkatkan karena kita mempunyai komoditas Indonesia yang belum masuk ke pasar Eropa Timur. Kegiatan festival culture, budaya, perdagangan dan perkebunan, perternakan serta kesehatan,” pungkasnya. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved