Jokowi Tinjau Sapi Belgian Blue di Desa Parsingguran

"Tadi saya nyoba jeruk, segar rasanya karena udara dan tanahnya cocok. Bawang putihnya juga harum," katanya

Jokowi Tinjau Sapi Belgian Blue di Desa Parsingguran
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana singgah ke Desa Parsingguran, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan untuk meninjau ternak sapi jenis Belgian Blue , Rabu (31/7/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - ‎Di akhir kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Utara, Rabu (31/7/2019) sore, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana singgah ke Desa Parsingguran, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Di sana, presiden Jokowi meninjau proyek percontohan pengembangan ternak sapi jenis Belgian Blue yang merupakan bantuan dari Kementerian pertanian. Selain itu, Jokowi juga meninjau hasil perkebunan seperti jeruk medan hingga bawang putih.

Baca: Jokowi Bakal Promosikan Besar-besaran Wisata Danau Toba

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Theresia Felisiani)

Hasil komoditas budidaya di Desa Parsingguran ini sempat dicicipi oleh Presiden.

Menurutnya, tanah dan udara disana memang pas untuk bercocok tanam serta peternakan.

"Tadi saya nyoba jeruk, segar rasanya karena udara dan tanahnya cocok. Bawang putihnya juga harum. Diharapkan paling tidak bawang putih bisa suplai untuk Sumatera Utara saja, itu sudah mengurangi impor," tegasnya.

Lanjut rombongan presiden berjalan kaki menuju ke kandang sapi.

Di sana terdapat tiga sapi Belgian Blue berwana hitam, putih serta campuran hitam dan putih.

Diharapkan sapi-sapi ini bisa menjadi bibit unggul bagi pemenuhan kebutuhan daging nasional di masa datang.

Baca: Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau, Jokowi: Masih Bisa Diatasi

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana mengunjungi Kampung Huta Siallagan, di Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (31/7/2019). Kampung tersebut dikenal sebagai titik awal sejarah peradaban penegakan hukum di Samosir pada dahulu kala.
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana mengunjungi Kampung Huta Siallagan, di Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (31/7/2019). Kampung tersebut dikenal sebagai titik awal sejarah peradaban penegakan hukum di Samosir pada dahulu kala. (BPMI Setpres)

Jika dipelihara dengan baik, sapi ini bobotnya bisa mencapai 1,5 ton. Jika berhasil, Jokowi bakal melakukan proyek serupa di wilayah lain.

"Ini sapinya baru tiga hari. Biar nyoba disini, tadi ditanya katanya sapinya senang disini. Jadi oke lah kita tambah lagi. Ini digedein dulu, kalau betul produktif bisa jadi contoh‎," tambahnya.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved