Gempa Tektonik Magnitudo 3,0 Guncang Ambon, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa dengan magnitudo 3,0 mengguncang Kota Ambon, Maluku, Sabtu (17/8/2019).

Gempa Tektonik Magnitudo 3,0 Guncang Ambon, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami
ntnews.co.au
Ilustrasi Gempa 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gempa dengan magnitudo 3,0 mengguncang Kota Ambon, Maluku, Sabtu (17/8/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Dalam keterangan yang diterima redaksi disebutkan, hasil analisis BMKG menunjukan gempabumi ini memiliki kekuatan M=3.0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.74 LS dan 128.37 BT, atau tepatnya berlokasi di laut 23 km Timur Ambon pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal.

Baca: Jadwal Timnas Putri Indonesia di AFF Women Championship 2019: Recovery Jelang Bertemu Vietnam

Baca: SEDANG BARLANGSUNG Live Score Hasil Celta Vigo vs Real Madrid Liga Spanyol, Los Blancos Unggul 1-0

Baca: Richard Mainaky Harapkan Praveen/Melati dan Hafiz/Gloria Melaju Sampai Semifinal

"Dampak gempabumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Ambon II MMI. Di daerah tersebut, guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi.

Ia menambahkan, hingga pukul 21:37 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

BMKH Mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg."

Penulis: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved