Rusuh di Papua

Tanggapan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla Soal Kerusuhan di Papua

Presiden Joko Widodom (Jokowi) menanggapi aksi unjuk rasa yang berujung kerusuhan di wilayah Manokwari, Papua Barat pada Senin (19/8/2019).

Tanggapan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla Soal Kerusuhan di Papua

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodom (Jokowi) menanggapi aksi unjuk rasa yang berujung kerusuhan di wilayah Manokwari, Papua Barat pada Senin (19/8/2019).

Diberitakan Kompas TV, Presiden Jokowi memahami bahwa masyarakat Papua dan Papua Barat tersinggung atas perilaku yang diterima Mahasiswa asal Papua yang berada di wilayah Jawa Timur.

Meski demikian, Jokowi meyakinkan bahwa pemerintah akan selalu menjaga kehormatan dan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat.

"Yakinlah bahwa pemerintah akan terus menjaga kehormatan dan kesejahteraan Pace (Bapak), Mace (Ibu), Mamak-mamak di Papua dan Papua Barat," kata Jokowi di Istana Kepresidenan pada Senin (19/8/2019).

Menurut Jokowi, alangkah lebih baiknya jika sesama warga negara Indonesia untuk saling memaafkan atas insiden yang terjadi.

"Saya tahu ada ketersinggungan. Sebagai saudara sebangsa dan setanah air yang paling baik itu memaafkan," ucap Jokowi. "Emosi itu boleh tapi memaafkan lebih baik. Sabar juga lebih baik," kata dia.

Presiden  Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/9/2019).
Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/8/2019). (Tribunnews.com/ Seno Tri Sulistiyono)

Baca: Setelah Gubernur Jawa Timur, Wali Kota Surabaya dan Malang Turut Minta Maaf Atas Kerusuhan di Papua

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga meminta masyarakat untuk tidak memperluas aksi kerusuhan.

Jusuf Kalla mengingatkan baik masyarakat asli Papua ataupun pendatang, sam-sama saling membutuhkan.

"Pendatang itu umumnya pengusaha eceran di pasar, atau tukang-tukang, guru. Semuanya di situ datang justru untuk bekerja sama dan melayani juga seluruh masyarakat," ujar Kalla dikutip dari Kompas.com.

Halaman
12
Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved