Warga Pulau Sebesi Datangi Lokasi Pengerukan Pasir di Dekat Gunung Anak Krakatau

Masyarakat Pulau Sebesi menggunakan kapal berangkat mendatangi lokasi pengerukan pasir di dekat areal Gunung Anak Krakatau.

Istimewa
Masyarakat Pulau Sebesi menggunakan kapal berangkat mendatangi lokasi pengerukan pasir di dekat areal Gunung Anak Krakatau yang diduga dilakukan kapal tongkang bernama TSHD Mekar 501, pada 19 Agustus 2019. 

TRIBUNNEWS.COM, LAMPUNG - Masyarakat Pulau Sebesi menggunakan kapal berangkat mendatangi lokasi pengerukan pasir di dekat areal Gunung Anak Krakatau yang diduga dilakukan kapal tongkang bernama TSHD Mekar 501, pada 19 Agustus 2019.

Dari video rekaman yang diabadikan seorang warga dan beredar di media sosial, sekitar dua puluhan warga menghampiri kapal tongkang di areal dekat Gunung Anak Krakatau diduga tengah melakukan aktivitas pengerukan pasir.

Menurut Taufik, tokoh masyarakat setempat, warga datang ke lokasi untuk mengetahui kebenaran informasi adanya kapal tongkang yang mengeruk pasir di dekat anak GAK.

"Kita akan buktikan, karena mereka mengakunya mengeruk jauh dari lokasi Anak Gunung Krakatau sekitar 6 mil," kata Taufik.

Warga Pulau Sebesi Pantau Aktivitas Pengerukan Pasir di GAK
Masyarakat Pulau Sebesi menggunakan kapal berangkat mendatangi lokasi pengerukan pasir di dekat areal Gunung Anak Krakatau yang diduga dilakukan kapal tongkang bernama TSHD Mekar 501, pada 19 Agustus 2019.

Berdasarkan pengamatan warga, ternyata aktivitas pengerukan lokasinya sangat dekat dengan lokasi Anak Gunung Krakatau hanya sekitar setengah kilometer.

Dalam video tersebut warga berharap aparat pemerintah dan instansi terkait untuk segera menindak aktivitas yang akan mengancam ekosistem laut di dekat dekat GAK.

Dalam video tersebut seseorang yang mengaku bernama Umar Hadi mengabadikan aktivitas warga mulai dari keberangkatan sampai lokasi penggerebakan.

Umar Hadi mengatakan ia bersama masyarakat memergoki kapal tongkang yang diduga sedang beroperasi menyedot pasir di sekitar GAK.

Baca: Kehadiran Panglima TNI dan Kapolri Berkantor di Papua Selama Sepekan Bisa Memberikan Rasa Aman

Sebelumnya, akun Instagram @umarkrakatau mengunggah video terkait aktivitas kapal tongkang yang berhenti di sekitar GAK pada Kamis (29/8/2019).

Dalam video tersebut juga terlihat beberapa warga dari Pulau Sebesi mendatangi kapal tersebut.

Namun para warga ini tidak melakukan aksi melainkan hanya melihat kapal tersebut yang masih berdiam di lokasi. (tribunlampung.co.id/romi rinando)

Artikel ini telah tayang di tribunlampung.co.id dengan judul Warga Sebesi Ramai-ramai Grebek Kapal yang Diduga Sedot Pasir di Dekat Gunung Anak Krakatau

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved