TNI

Kodim Baru di Papua Barat Diresmikan

agar mereka melaksanakan Pembinaan Satuan (Binsat) sesuai progam dari Komando Atas, agar terwujud Prajurit yang profesional dan

Kodim Baru di Papua Barat Diresmikan
ISTIMEWA
Pembentukan Kodim 1806/Teluk Bintuni sekaligus pelantikan Komandan Kodim (Dandim) 1806/Teluk Bintuni yang pertama, Letkol Arm Fence Doantus Marani S.Sos, Kamis (5/9/2019) di Bintuni, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat. 

TRIBUNNEWS.COM, BINTUNI-TNI AD tidak pernah lelah untuk terus terlibat dan melibatkan diri dalam membangun situasi wilayah yang aman. Hal ini disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau.

Termasuk, lanjutnya senantiasa berkomitmen untuk mendukung seluruh program yang dijalankan Pemerintah, Polri, maupun pihak lainnya untuk selalu melayani, mengamankan dan menyejahterakan kehidupan rakyat Indonesia.

Baca: Aliansi Masyarakat Peduli Papua Gelar Aksi Damai, Nyanyikan Lagu Daerah Papua

“Pembentukan Kodim 1806/Teluk Bintuni merupakan implementasi dari rencana strategis Kodam XVIII/Kasuari," ujar Pangdam dalam dalam amanat tertulisnya pada upacara peresmian satuan baru jajaran TNI AD, Kodim 1806/Teluk Bintuni.

Sekaligus pelantikan Komandan Kodim (Dandim) 1806/Teluk Bintuni yang pertama, Letkol Arm Fence Doantus Marani S.Sos, Kamis (5/9/2019) di Bintuni, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat.

Berdirinya Kodim Bintuni diikuti dengan pengembangan Koramil dan perangkat pendukung lainnya, sehingga Kodim 1806/Teluk Bintuni dapat dioperasionalkan secara optimal.

Harapannya lanjut Pangdam, keberadaan Kodim tersebut nantinya dapat mendorong Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni, dalam melakukan percepatan pembangunan di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni.

"Terkait hal itu, saya berharap kepada Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat, serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni, dapat mendukung Tugas Pokok Kodim 1806/Teluk Bintuni," kata dia.

Pangdam XVIII/Kasuari berpesan, para prajurit Kodim 1806/Teluk Bintuni agar segera melakukan komunikasi dan koordinasi, apabila ditemukan kendala di lapangan selama pelaksanaan tugas.

Baca: Prabowo Subianto dan Mantan BIN Hendropiyono Berdiskusi, Singgung Isu Papua hingga Jadi Oposisi

"Hindari penyelesaian permasalahan melalui cara yang memiliki potensi konflik dan selalu pedomani segala ketentuan yang berlaku," pesan Pangdam XVIII/Kasuari.

Kepada Dandim 1806/Teluk Bintuni, Letkol Arm Fence Doantus Marani S.Sos beserta seluruh anak buah di satuan jajarannya, Pangdam XVIII/Kasuari memerintahkan agar mereka meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selanjutnya, memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Juga diperintahkan, agar mereka melaksanakan Pembinaan Satuan (Binsat) sesuai progam dari Komando Atas, agar terwujud Prajurit yang profesional dan Satuan yang siap operasional.

Baca: Buka Suara Soal Kerusuhan Papua, Prabowo Subianto: Kita Harus Kompak Dukung Pemerintah

Selain itu, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau juga memerintahkan para Prajurit Kodim 1806/Teluk Bintuni untuk melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) yang tepat dan efektif, dengan selalu melibatkan peran seluruh komponen masyarakat.

"Yang tidak kalah pentingnya, jadilah kalian Patriot Pembela Rakyat sejati, yang selalu menghormati adat istiadat dan kearifan lokal Papua, khususnya wilayah Papua Barat," ia menegaskan.

Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved