Imbauan Bupati Puncak Willem Wandik untuk Mahasiswa asal Papua

Terpisah, Bupati Puncak Willem Wandik juga mengeluarkan empat imbauan menyusul telah kondusifnya situasi di Papua dan Papua Barat

Imbauan Bupati Puncak Willem Wandik untuk Mahasiswa asal Papua
KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini foto bersama Staf Khusus Presiden yang juga Ketua Lembaga Adat Tanah Papua, Lenis Kogoya, perwakilan mahasiswa Papua di Surabaya serta perkumpulan warga Papua di rumah dinas Jalan Sedap Malam, Surabaya, Selasa (20/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bupati Puncak Willem Wandik juga mengeluarkan empat imbauan menyusul telah kondusifnya situasi di Papua dan Papua Barat.

Pertama, Willem mengimbau kepada seluruh mahasiswa asal Kabupaten Puncak untuk tidak terprovokasi terhadap isu eksodus mahasiswa dari seluruh Jawa-Bali, Makassar, dan Manado dan tetap melanjutkan perkuliahan di tempat semula sebagaimana biasanya sampai dengan selesai.

''Kedua, tidak ada sistem pendidikan yang menjamin bahwa seluruh mahasiswa yang pulang ke Papua dapat ditampung dan langsung melanjutkan perkuliahan di Perguruan Tinggi di Papua, akibatnya dapat mengganggu perkuliahan selanjutnya,'' kata Willem dalam keterangan persnya. 

Baca: Sri Mulyani Terus Pantau Perkembangan Resesi Ekonomi Global

Ketiga, Pemerintah Kabupaten Puncak tidak menyediakan anggaran bagi mahasiswa yang pulang ke Papua maupun kembali ke tempat semula sehubungan dengan permasalahan dimaksud.

''Terakhir, pemerintah menjamin keamanan dan kenyamanan mahasiswa Papua di tempat masing-masing dan apabila ada hal-hal yang mengintimidasi salam proses perkuliahan selanjutnya maupun aktivitas lainnya agar melaporkan kepada pihak berwajib setempat,'' pungkas Willem.

Penjelasan Kapolda Papua

Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja menanggapi kabar 300 mahasiswa Papua yang pulang kampung.

Bahkan, informasi lanjutan menyebut jumlah mahasiswa Papua yang pulang kampung mencapai 700 orang.

Baca: Gempa Hari Ini - BMKG Catat Gempa M 2,8 Guncang Jayapura, Papua

Rudolf A Rodja mengatakan, ada beberapa indikasi yang membuat para mahasiswa tersebut pulang kampung, salah satunya adalah adanya seruan dari kelompok tertentu.

Halaman
123
Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved