Kepala Desa Cemara Jaya Apresiasi Langkah Pertamina yang Peduli Kesehatan Warga Relokasi

Ia menjelaskan, pemindahan warga dilakukan ke desa tetangga yang aman, yaitu Desa Cibuaya.

Kepala Desa Cemara Jaya Apresiasi Langkah Pertamina yang Peduli Kesehatan Warga Relokasi
Istimewa
Foto 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Desa Cemara Jaya Yong Liem Supardi menilai Pertamina bertanggung jawab terhadap warga terdampak banjir rob di Desa Cemara Jaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang beberapa waktu lalu.

BUMN tersebut, menurutnya, tidak hanya merelokasi ke tempat yang sangat layak dan aman, namun juga memperhatikan kondisi kesehatan warga.

“Pertamina juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga yang direlokasi. Warga bisa mendatangi Posko Kesehatan Pertamina, namun petugas kesehatan Pertamina juga rutin kok mengunjungi kediaman warga di relokasi,” kata Yong Liem, ketika dihubungi dari Jakarta hari ini.

Baca: Junaidi Sebut Anak Elvy Sukaesih Sudah 3 Kali Berulah, Pernah Ancam Akan Bakar Warung

Baca: Mendekatkan Rakyat dengan Wakil Rakyat Melalui Pameran dan Lomba Burung Berkicau

Ia menjelaskan, pemindahan warga dilakukan ke desa tetangga yang aman, yaitu Desa Cibuaya. Setidaknya tercatat sekitar 20 kepala keluarga desa Cemara Jaya yang direlokasi Pertamina.

Warga tersebut direlokasi, lanjutnya, karena ceceran minyak masuk ke rumah mereka yang berada di bibir pantai, akibat terbawa air pasang (rob). “Sebagai Kepala Desa Cemara Jaya, saya menyambut baik. Ini membuktikan itikad baik Pertamina."

Sementara menurut Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan, relokasi warga merupakan upaya positif Pertamina. Apalagi, karena dalam relokasi tersebut, Pertamina juga turun langsung ke lapangan, termasuk membantu memindahkan barang-barang milik warga, seperti pakaian.

“Upaya relokasi, lanjut Mamit, membuktikan bahwa pertanggungjawaban sosial Pertamina berjalan baik. Terlebih, warga juga dipindahkan ke rumah yang layak dengan fasilitas bagus. Saya sangat mendukung sekali,” kata Mamit.

Begitu juga dengan turun langsungnya Pertamina ke lapangan, termasuk saat membantu pemindahan, juga dinilai Mamit sebagai hal yang sangat baik. Melalui pendekatan seperti itu, Pertamina bisa berkomunikasi dan berinteraksi lebih erat, termasuk menerima berbagai keluhan warga. "Dengan pendekatan seperti ini masyarakat semakin percaya kepada Pertamina."

Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved