Kabut Asap di Riau

Kabut Asap di Riau : Mirip 2014, Sekolah Diliburkan Hingga Agenda Jokowi Pantau Lokasi Karhutla

Di Pulau Sumatra, kawasan Riau menjadi salah satu kawasan yang terparah untuk dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kabut Asap di Riau : Mirip 2014, Sekolah Diliburkan Hingga Agenda Jokowi Pantau Lokasi Karhutla
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Kabut asap pekat menyelimuti kawasan Sungai Siak, Kamis (12/9/2019). Berdasarkan data yang disiarkan BMKG, terpantau 1.316 titik panas di Riau. Sebanyak 279 titik di antaranya berada di Riau. 

Kabut Asap di Riau : Mirip Kejadian 2014, Sekolah Diliburkan Hingga Agenda Jokowi Kunjungi Lokasi Karhutla Riau 

TRIBUNNEWS.COM - Bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah wilayah di Indonesia masih berlanjut, bahkan menyebabkan sejumlah penerbangan ditunda dan beberapa sekolah diliburkan.

Seperti diketahui, beberapa wilayah di Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera terkena kabut asap akibat dari karhutla yang terjadi di sejumlah tempat.

Di Pulau Sumatera, kawasan Riau menjadi salah satu kawasan yang terparah untuk dampak kabut asap dari karhutla.

Mengutip Kompas.com, Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Agus Wibowo mengatakan kualitas udara sangat buruk dengan pekatnya kabut asap.

"Kalau titik api (Riau) tidak terlalu banyak, tapi gede-gede. Soal kabut asap, ini sudah sangat bahaya."

"Kemarin kualitas udaranya sampai 360 lebih, itu kan membahayakan," paparnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (14/9/2019) malam.

Lebih lanjut, Ia mengatakan dampak karhutla kali ini mirip seperti yang terjadi pada beberapa tahun silam yang sangat membahayakan dan hampir merata di seluruh Riau.

"Riau 2013-2014 mirip, sampai susah bernapas. Berat sekali, dari sisi kesehatan sangat berbahaya, menimbulkan dampak berbahaya," imbuh dia.

Baca: Tiga Pesawat Dikerahkan untuk Buat Hujan Buatan di Riau

Baca: BNPB: Kualitas Udara Riau Masih Buruk

Sementara itu, pemberitaan TribunPekanbaru, pada Minggu (15/9/2019) terpantau 44 titik panas yang tersebar di beberapa Kabupaten dan Kota di Riau.

Halaman
123
Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved