Pilkada Solo

PDIP Bakal Utamakan Kader Internal untuk Maju Pilkada Solo 2020, Bagaimana Kans Gibran?

Meski menang dari sisi popularitas, Gibran dan Kaesang masih tertinggal dari sisi akseptabilitas dan elektabilitas.

PDIP Bakal Utamakan Kader Internal untuk Maju Pilkada Solo 2020, Bagaimana Kans Gibran?
Warta Kota/Alex Suban
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dan cucunya, Jan Ethes Srinarendra menyambut Komandan Kogasma Partai Demokrat. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan istri, Annisa Pohan yang hadir untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2019). Peringatan HUT RI tahun ini mengangkat tema "SDM Unggul Indonesia Maju". Warta Kota/Alex Suban 

TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Atmosfer pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di Solo, Jawa Tengah sudah mulai terasa.

Beberapa partai politik mulai menjaring calon wali kota dan wakil wali kota yang diusung dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

Salah satunya dari DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP) Kota Surakarta (Solo).

Partai berlambang kepala banteng moncong putih itu mulai membuka pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota.

Gibran Rakabuming Raka saat wawancara di Rumah Makan Mbah Karto, Minggu (23/7/2019). TribunSolo.com/Agil Tri
Gibran Rakabuming Raka saat wawancara di Rumah Makan Mbah Karto, Minggu (23/7/2019). TribunSolo.com/Agil Tri (TribunSolo.com/Agil Tri)

Pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota dimulai Senin (16/9/2019) dan berakhir pada Selasa (15/10/2019) mendatang.

Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo menyampaikan berdasarkan Peraturan Partai Nomor 24 Tahun 2017, dimana DPC yang memperoleh lebih dari 25 persen suara, proses penjaringan calon wali kota dan wakil wali kota dilakukan secara tertutup.

Begitu pun Solo yang memperoleh 62 persen suara.

Kader PDIP didorong maju pilwalkot Solo

Rudy mengungkap penjaringan secara tertutup itu dimaksudkan memberikan kesempatan bagi kader internal partai untuk maju mencalonkan menjadi wali kota dan wakil wali kota.

Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka saat santap siang di rumah makan Ayam Goreng Kampung Mbah Karto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu, 28 Juli 2019. Dalam kesempatan tersebut keduanya berkomentar soal survei Calon Wali Kota Surakarta 2020-2025.
Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka saat santap siang di rumah makan Ayam Goreng Kampung Mbah Karto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu, 28 Juli 2019. Dalam kesempatan tersebut keduanya berkomentar soal survei Calon Wali Kota Surakarta 2020-2025. (Foto: BPMI Setpres)

"Di kongres itu semua disampaikan oleh ketua umum diutamakan kader partai. Kader partai sudah menjadi anggota partai lebih dari sekian tahun," kata Rudy di Solo, Jawa Tengah, Selasa (17/9/2019).

Halaman
123
Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved