Pemindahan Ibu Kota Negara

Kemenhub Bakal Operasikan Moda Transportasi Massal Modern di Ibu Kota Baru, Ini Namanya

ART merupakan moda transportasi massal berupa bus atau kereta yang berjalan otomatis tanpa pengemudi dan tanpa rel

Kemenhub Bakal Operasikan Moda Transportasi Massal Modern di Ibu Kota Baru, Ini Namanya
Ria Anatasia
Menhub Budi Karya Sumadi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berencana mengoperasikan autonomous rail rapid transit (ART) di ibu kota baru.

Hal itu disampaikan Budi Karya Sumadi usai meninjau lokasi calon ibu kota baru di kawasan Mentawir, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (19/9/2019).

Baca: Soal Infrastruktur Transportasi di Wilayah Calon Ibu Kota Baru, Gubernur Kaltim Ikut Kemenhub

ART merupakan moda transportasi massal berupa bus atau kereta yang berjalan otomatis tanpa pengemudi dan tanpa rel.

Transportasi massal jenis ini sudah dioperasikan di Cina dengan dipandu cat di atas jalanan.

“Transportasi massal yang efektif baik dari segi pengangkutan penumpang maupun waktu dan ramah lingkungan adalah kereta. Untuk kereta ada teknologi yang ‘advance’ bernama ART,” ucap Budi Karya Sumadi.

Skema pembiayaan pemindahan Ibu Kota Negara RI dari Jakarta ke Kalimantan Timur versi Bappenas dan gambar rencana desain jalan tol yang menghubungkan Kota Balikpapan ke Kabupaten Penajam Paser Utara yang notabene sebagai calon lokasi ibu kota baru Republik Indonesia.
Skema pembiayaan pemindahan Ibu Kota Negara RI dari Jakarta ke Kalimantan Timur versi Bappenas dan gambar rencana desain jalan tol yang menghubungkan Kota Balikpapan ke Kabupaten Penajam Paser Utara yang notabene sebagai calon lokasi ibu kota baru Republik Indonesia. (Tribunkaltim.co/HO Bappenas)

Menurutnya, penerapan ART ini akan menekan biaya karena tidak menggunakan rel.

“Karena kita tahu investasi untuk rel ini mahal sekali, bisa Rp 200 sampai 300 miliar untuk satu kilometer, kalau menanjak bisa sampai Rp 400 miliar, kalau ini diterapkan akan menekan harga,” tegasnya.

Baca: Ada Kabut Asap, Kemenhub Keluarkan Surat Edaran Keselamatan Penerbangan

Untuk tahap awal, Budi Karya Sumadi mengatakan ART yang akan dioperasikan di ibu kota baru adalah berupa bus yang bersambungan.

“Karena teknologinya baru jadi maka kita akan operasikan bus yang tersambung, kalau sudah mumpuni baru kereta. Tapi basis teknologi yang akan kita terapkan adalah autonomous rail,” kata Budi Karya Sumadi.

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved