Breaking News:

Kalimalang akan Mirip Sungai di Korea Segera Terwujud, Ada Taman, Kolam & Jembatan Chandrabaga

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memenuhi janjinya untuk menata kali buatan yang membentang di Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bek

Istimewa
Revitalisasi Dimulai, Kalimalang akan Mirip Sungai di Korea, Ada Taman, Kolam dan Jembatan Chandrabaga 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memenuhi janjinya untuk menata kali buatan yang membentang di Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, tersebut.

Dengan dimulainya penataan Kalimalang melalui peletakan batu pertama pada Rabu, 25 September 2019, warga Bekasi pun dipastikan segera memiliki ikon ruang terbuka hijau, rekreasi, hingga edukasi baru di kotanya.

Revitalisasi Dimulai, Kalimalang akan Mirip Sungai di Korea, Ada Taman, Kolam dan Jembatan Chandrabaga
Revitalisasi Dimulai, Kalimalang akan Mirip Sungai di Korea, Ada Taman, Kolam dan Jembatan Chandrabaga (Istimewa)

Sesuai arahan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, penataan Kalimalang sendiri bertujuan memberikan ruang terbuka publik agar warga Bekasi lebih mendekat ke air sehingga timbul kesadaran untuk menjaga anjungan hingga jembatan.

Untuk tahap pertama setelah peletakan batu pertama, akan dilakukan pekerjaan proyek sempadan di area utara Kalimalang yang berada di Jalan M Hasibuan.

Menurut Sibarani Sofian, arsitek dalam tim perencana Proyek Penataan Kalimalang, penataan tahap pertama di Zona 1 bertujuan menciptakan zona selebrasi dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan.

"Aspek keselamatan, kelancaran aliran air, dan operasional perawatan saluran tetap diperhatikan sambil diterapkannya usulan ruang sosial, ruang aktivitas, dan ruang hijau di sekeliling badan air," ujar Sibarani dalam kesempatan peletakan batu pertama tersebut.

Dua dari empat lokasi gambar desain penataan Sungai Kalimalang yang ditunjukkan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil di akun Instagramnya.
Dua dari empat lokasi gambar desain penataan Sungai Kalimalang yang ditunjukkan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil di akun Instagramnya. (Kolase Tribun Jabar /Instagram @ridwankamil)

Setelah penataan Zona 1 rampung, Sibarani berharap zona tersebut menjadi tempat berkumpul, tempat selfie, tempat ngariung, hingga festival perayaan budaya, atau event kota lainnya di tepian air.

"Dalam zona selebrasi ini, akan memiliki taman ngariung, taman anak-anak dan kolam dangkal, taman sejarah, dan jembatan Chandrabaga yang tentunya akan sarat dengan tempat untuk selfie," kata Sibarani.

Sehingga, katanya, masyarakat Bekasi punya alternatif lain selain berkunjung ke mall, yakni juga menikmati ruang terbuka hijau dan ruang interaksi di sepanjang Kalimalang.

Nantinya, empat zona Kalimalang memiliki tema masing-masing, mulai tema selebrasi, edukasi, ekologi, hingga tema komunitas.

Halaman
123
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved