Dua WNA Rumania Ditangkap atas Tuduhan Pelaku "Skimming" Nasabah Bank di Makassar

Keduanya ditangkap atas keterlibatan kasus pembobolan data (skimming) nasabah Bank BNI di Kota Makassar, Selasa (8/10/2019).

Dua WNA Rumania Ditangkap atas Tuduhan Pelaku
istockphoto.com
Ilustrasi Skimming 

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Dua orang warga negara asing (WNA) asal Rumania berinisial GA dan SR diamankan Tim Cyber Cime Ditreskrimsus Polda Sulsel.

Keduanya ditangkap atas keterlibatan kasus pembobolan data (skimming) nasabah Bank BNI di Kota Makassar, Selasa (8/10/2019).

Baca: Bule Pelaku Skimming Dapat Jatah Rp 11 Juta, Sebagian Uangnya Buat Beli Tiket Pulang ke Bulgaria

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Soendani mengatakan, pembobolan data ini bermula ketika pihak Bank BNI melakukan pemeriksaan berkala di dua mesin ATM BNI yang terletak di Jalan Hertasning dan Jalan Mappanyukki, Kecamatan Mariso, Makassar

Dari pemeriksaan tersebut, Bank BNI kemudian menemukan alat skimming berupa deep insert skimmer di tempat card reader di mesin ATM.

"Setelah pihak bank melapor, kami langsung melakukan penyelidikan dan menangkap mereka. Keduanya ditangkap di Kecamatan Mariso," kata Dicky saat menggelar konferensi pers di ruang Cyber Crime Polda Sulsel, Rabu (9/10/2019).

Menurut Dicky, kedua warga Rumania ini juga memasang kamera tersembunyi di atas tombol pin ATM di beberapa mesin ATM di wilayah kota Makassar dengan tujuan mencuri data dari pita magnetik kartu ATM atau debit secara ilegal untuk memiliki kendali atas rekening korban.

Hal ini, kata Dicky, sudah dilakukan GA dan SR sejak kedatangannya di Makassar pada bulan September 2019 lalu.

"Hasil interogasi mereka memetakan lokasi-lokasi mesin ATM yang akan dipasangi skimming tersebut," tambah Dicky. 

Dia melanjutkan, untuk melancarkan aksinya, kedua tersangka juga sudah membeli kartu ATM kosong yang dibelinya secara online dari Malaysia.

Dengan cara ini, kedua tersangka menguras habis isi saldo nasabah bank.

Halaman
1234
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved