Kebakaran Hutan dan Lahan

Wisata Kawah Putih Dibuka Lagi Setelah 11 Kali Pengeboman Air dari Udara

Sabtu (12/10/2019) pukul 15.00 WIB, objek wisata Kawah Putih sudah bisa dibuka untuk wisatawan.

Wisata Kawah Putih Dibuka Lagi Setelah 11 Kali Pengeboman Air dari Udara
Tribunjabar/Gani Kurniawan
Emak-emak yang biasa berjualan di kawasan wisata Kawah Putih mengamati kebakaran lahan di sekitar Kawah Putih, Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Selasa (8/10/2019). Kebakaran yang terjadi sejak kemaren, Senin (7/10/2019) itu, saat ini sedang dalam pencegahan dengan membuat sekat agar api tidak terus melebar. Sementara objek wisata tersebut sementara ditutup untuk wisatawan. Tribunjabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Helikopter water bombing M‑171 berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kawah Putih, Jumat (11/10/2019).

Pendinginan yang dilakukan membutuhkan 11 kali pengeboman air dari udara.

Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Akhmad Djohara, mengatakan setelah dilakukan pemadaman secara optimal sejak Kamis (10/10/2019), kebakaran di Kawah Putih baru padam Jumat (11/10/2019).

Baca: Barbie Kumalasari Jingkrak-jingkrak Tahu Tas LV Dibeli di Singapura Terbukti Asli, Uya Kuya Kaget

"Baru bisa optimal di Kawah Putih itu hari Jumat setelah 11 kali bombing, drop air ke Kawah Putih dari Situ Patengan," kata Akhmad saat menggelar konferensi pers di Lanud Sulaiman, Margahayu, Sabtu (12/10/2019).

"Alhamdulillah sampai tadi pagi setelah dilihat dari foto udara dan dipastikan juga dengan operasi darat oleh TNI, Polri dan masyarakat dan relawan Alhamdulillah sampai saat ini Kawah Putih sudah padam," kata dia.

Bahkan Adjo, sapaan akrab Kepala BPBD Kabupaten Bandung itu, mengatakan, Sabtu (12/10/2019) pukul 15.00, objek wisata Kawah Putih sudah bisa dibuka untuk wisatawan.

Namun demikian masih ada area‑area yang ditutup seperti Sunan Rama dan Sunan Ibu karena masih rawan.

"Imbauan sebaiknya pengelola membuat imbauan lanjutan, selain tiket masuk pengelola diharapkan dapat memberikan stiker‑stiker yang bisa disampaikan kepada pengunjung tentang bahaya kebakaran. Jangan sampai mereka menyulut sampah, bermain api karena ini berbahaya dan merugikan kita semua," katanya.

Baca: Fransiska Nyaris Tewas Coba Bunuh Diri Setelah Tahu Suaminya Punya Wanita Idaman Lain

Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan, kemarin juga mengatakan, wisata Kawah Putih sudah bisa dibuka kembali dan dinyatakan aman.

"BPBD sudah menyatakan aman, Objek Wisata Kawah Putih bisa dibuka kembali," kata Indra.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved