Erupsi Gunung Sinabung

Pembangunan 892 Unit Huniap Tetap Senilai Rp 162 Miliar di Siosar Karo Dimulai

Doni Monardo melakukan peletakan batu pertama pembangunan Hunian Tetap (Huntap) Siosar tahap ketiga di Siosar, Karo, Sumatera Utara, Jumat.

Pembangunan 892 Unit Huniap Tetap Senilai Rp 162 Miliar di Siosar Karo Dimulai
Istimewa
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Hunian Tetap (Huntap) Siosar tahap ketiga di Siosar, Karo, Sumatera Utara, Jumat (18/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, KARO - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo melakukan peletakan batu pertama pembangunan Hunian Tetap (Huntap) Siosar tahap ketiga di Siosar, Karo, Sumatera Utara, Jumat (18/10/2019).

Bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Doni Monardo memulai pembangunan 892 unit hunian tetap (huntap) yang ditargetkan selesai pada Desember tahun ini.

Peletakan batu pertama ini sebagai penanda simbolis pembangunan huntap tahap ketiga yang telah dimulai pengerjaannya pada Agustus 2019 lalu.

"Kami ingin melihat pembangunan huntap ini berjalan dengan baik dan memastikan bantuan kepada korban yang berhak mendapatkan bantuan dari Pemerintah," ujar Doni di hadapan warga Siosar yang telah menetap di sana terlebih dahulu.

Pengendara melintas di kawasan yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung, di Kecamatan Simpangempat, Selasa (7/5/2019). TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD NASRUL
Pengendara melintas di kawasan yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung, di Kecamatan Simpangempat, Selasa (7/5/2019). TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD NASRUL (Tribun Medan/Muhammad Nasrul)

Melalui rilis BNPB, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo menyebut pembangunan kawasan huntap tahap ketiga akan menelan anggaran Rp 162 miliar dari hibah rehabilitasi dan rekonstruksi tahun anggaran 2018.

Dana tersebut dialokasikan untuk pembangunan rumah, infrastruktur dasar seperti jaringan air, penerangan dan jalan.

Sedangkan lahan, pemerintah daerah masih melakukan proses pematangan lahan sejumlah 1.022 petak.

Baca: Pengakuan Ipda Supriyono Pasca Digerebek Istri: Kalau Niatnya Mau Berbuat Zina, Ngapain Ngajak Anak?

Huntap Siosar dibangun bagi masyarakat yang tidak dapat lagi menetap di rumah mereka yang berada di dalam kawasan rawan bencana Gunung Sinabung.

Doni Monardo Peletakan Batu Pertama Pembangunan Huntap Sinabung_1
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Hunian Tetap (Huntap) Siosar tahap ketiga di Siosar, Karo, Sumatera Utara, Jumat (18/10/2019).

Total pembangunan rumah yang telah dibangun mencapai ribuan, tahap pertama 370 unit, tahap kedua 1.655 dan lanjutannya 156.

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved