Rusuh di Papua

Pemulangan 385 Pengungsi Ke Wamena Dimulai Pagi Ini, TNI Siapkan Pesawat Hercules

Eko mengatakan keinginan pengungsi untuk kembali ke Wamena tersebut muncul pasca kunjungan Presiden RI Joko Widodo bersama rombongan

Pemulangan 385 Pengungsi Ke Wamena Dimulai Pagi Ini, TNI Siapkan Pesawat Hercules
Mabes Polri
Ilustrasi pengungsi Wamena 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto memastikan pemulangan 385 pengungsi ke Wamena akan dilakukan, Rabu (30/10/2019).

Ia mengatakan saat ini semua pengungsi sudah siap di Jayapura.

Untuk itu, ia mengatakan sementara ini TNI menyiapkan satu unit pesawat Hercules.

"Rencana sementara satu Hercules siap terbang jam 07.00 WIT dari Lanud Silas Papare Sentani ke Wamena," kata Eko ketika dihubungi Tribunnews.com pada Selasa (29/10/2019).

Diberitakan sebelumnya, 385 pengungsi yang tersebar di sejumlah titik pengungsian di Jayapura dan di luar Jayapura menyatakan ingin kembali ke Wamena.

Baca: Keluarga Tolak Autopsi, Kematian Ibu yang Meninggal Dipeluk Anaknya Berusia 2 Tahun Menjadi Misteri

Eko mengatakan keinginan pengungsi untuk kembali ke Wamena tersebut muncul pasca kunjungan Presiden RI Joko Widodo bersama rombongan ke Wamena beberapa waktu lalu.

"Pasca kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo bersama rombongan ke Wamena, sebanyak 385 orang pengungsi menyatakan keinginannya untuk kembali," kata Eko saat dikofirmasi Tribunnews.com lewat telepon pada Selasa (29/10/2019).

Eko mengatakan, hari ini, Menteri Sosial Juliari P Batubara juga telah meminta bantuan dukungan Pesawat Herkules kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam rangka mendukung warga Wamena yang masih mengungsi untuk kembali ke Wamena.

Baca: Pengakuan Ketua RT yang Belum Pernah Bertemu Mirna, Ibu yang Jasadnya Dipeluk Balita 2 Tahun

Eko menjelaskan, menanggapi hal tersebut Panglima TNI Masekal TNI Hadi Tjahjanto meminta Kodam XVII/Cenderawasih dan Lanud Silas Papare untuk membantu menyediakan pesawat Hercules tersebut.

Eko mengatakan, Kodam XVII Cenderawasih juga telah menerima permintaan dari Mabes TNI untuk menyediakan pesawat Hercules selama tiga hari.

"Pesawat Hercules ini untuk membantu para pengungsi yang ingin kembali ke Wamena. Mungkin dengan melihat Wamena yang sudah aman dan kondusif, warga yang mengungsi ingin kembali lagi ke Wamena, untuk membantu mengembalikan perekonomian di Wamena," kata Eko.

Eko pun menegaskan bahwa saat ini kondisi keamanan di Wamena telah kondusif, perekonomian telah berjalan, serta aktifitas pendidikan di sekolah-sekolah Wamena telah berjalan.

"Saat ini kondisi di Wamena telah kondusif, perekonomian dan pendidikan juga sudah berjalan," kata Eko.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved