Breaking News:

Fakta-Fakta Pengangkatan Perahu Kuno Diangkat dari Dasar Bengawan Solo

Bila pekerjaan tidak sesuai rencana, debit air Bengawan Solo dipastikan akan bertambah tinggi seiring dengan datangnya waktu hujan

KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH
Tiga perahu zaman kolonial Belanda terus diupayakan untuk bisa segera diangkat dari dasar Bengawan Solo di Desa Mertani, Kecamatan Karanggeneng, Lamongan 

TRIBUNNEWS.COM, LAMONGAN - Pengangkatan tiga perahu yang diduga bekas zaman kolonial Belanda dari dasar Bengawan Solo di Desa Mertani, Kecamatan Karanggeneng, Lamongan, Jawa Timur telah dilakukan sejak Jumat (1/11/2019) lalu.

Berikut fakta-faktanya : 

1. Butuh Waktu 5 Hari 

Pengangkatan ketiga perahu tersebut diprediksi membutuhkan waktu sekitar lima hari.

"Kalau semua proses dapat berjalan dengan lancar, ketiga perahu bisa diangkat ke permukaan pada Rabu (6/11/2019) lusa," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lamongan, Ismunawan, Senin (4/11/2019).

Tim harus dapat bergerak cepat, lantaran musim hujan sudah mulai datang.

Bila pekerjaan tidak sesuai rencana, debit air Bengawan Solo dipastikan akan bertambah tinggi seiring dengan datangnya waktu hujan.

2. Libatkan Balai Kepurbakalaan Yogyakarta

Balai Kepurbakalaan Yogyakarta akan dilibatkan dalam penelitian ketiga perahu kuno yang ditemukan warga di dasar Bengawan Solo tersebut setelah ketiga perahu rampung diangkat ke permukaan.

Balai Kepurbakalaan Yogyakarta juga datang ke Lamongan dan ikut meneliti ketiga perahu tersebut.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved