Jawa Barat Sabet Penghargaan 'Destinasi Wisata Halal Terfavorit' ASR 2019

Terpilih sebagai destinasi wisata halal terfavorit dalam Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019, provinsi Jawa Barat berhasil

Jawa Barat Sabet Penghargaan 'Destinasi Wisata Halal Terfavorit' ASR 2019
Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) saat menerima penghargaan dalam acara Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019 yang digelar di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terpilih sebagai destinasi wisata halal terfavorit dalam Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019, provinsi Jawa Barat berhasil menyingkirkan 32 provinsi lainnya.

Provinsi yang kini dipimpin oleh Gubernur Ridwan Kamil (Kang Emil) itu memenangkan kategori satu ini melalui dua metode penilaian.

Metode pertama yakni melalui voting terkait destinasi wisata halal terfavorit yang diadakan Republika pada pertengahan Oktober hingga pertengahan November 2019.

Kemudian metode kedua melalui penilaian kualitatif menggunakan sejumlah indikator pendukung meliputi  atraksi, tujuan wisata, kemudahan ibadah, sertifikasi halal, kemudahaan transportasi, infrastruktur, keamanan, serta urban effect.

Baca: Pelaku Pelemparan Sperma di Tasikmalaya ternyata Pernah Kepergok Intip Wanita Mandi

Baca: Ridwan Kamil Sebut Ada Pesantren di Parung yang Gratiskan 15 Ribu Santrinya

Baca: Apa Kata Ridwan Kamil soal Kasus Pelempar Sperma dan Pelaku Pamer Kelamin di Jabar?

Ketua Dewan Juri ASR 2019 sekaligus Wakil Pemimpin Redaksi Republika itu Nurhasan Murtiaji mengatakan kedua metode tersebut digabungkan dan menghasilkan nilai total yang akhirnya mengantarkan Jawa Barat sebagai pemenang kategori destinasi wisata halal terfavorit untuk ASR 2019.

"Jawa Barat menyisihkan daerah-daerah lain yang selama ini menjadi ikon wisata halal di Indonesia," kata Nurhasan, terkait acara yang digelar di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019) malam.

Penyerahan ASR 2019 untuk kategori ini pun diserahkan secara langsung kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Perlu diketahui, terkait hasil voting dan penilaian kualitatif yang digelar Republika sebelumnya, muncul empat daerah lainnya yang bersaing secara ketat dengan provinsi Jawa Barat.

Keempat provinsi itu meliputi Nusa Tenggara Barat (NTB), Aceh, DKI Jakarta serta Sumatra Barat.

Sementara itu, pada gelaran ASR tahun lalu, yang terpilih sebagai destinasi wisata halal terfavorit adalah NTB.

Provinsi ini berhasil mengalahkan Aceh serta Sumatra Barat pada posisi tiga besar di tahun 2018.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved