UPDATE Banjir Solok Selatan: 340 Jiwa Mengungsi, 4 Ribu Bungkus Makanan Siap Saji Didistribusikan

Agus mengatakan sejumlah upaya telah dilakukan di antaranya BNPB telah menyerahkan Dana Siap Pakai untuk Penanganan Darurat Bencana Banjir di Solok

UPDATE Banjir Solok Selatan: 340 Jiwa Mengungsi, 4 Ribu Bungkus Makanan Siap Saji Didistribusikan
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo saat memberikan keterangan pers terkait penanganan Gempa Banten, Sabtu (3/8/2019) di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta Timur 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis penanganan bencana banjir di Solok Selatan, Sumatera Barat yang terjadi sejak 20 November 2019.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo menjelaskan dalam keterangan resminya pada Senin (25/11/2019), sebanyak 1.706 KK atau 8.809 jiwa terdampak dan 340 Jiwa mengungsi akibat bencana tersebut hingga Minggu (24/11/2019) pukul 22.32 WIB.

Baca: Sambangi BNPB, Menko PMK Bahas Antisipasi Penanggulangan Bencana

Terhadap bencana tersebut, Agus mengatakan sejumlah upaya telah dilakukan di antaranya BNPB telah menyerahkan Dana Siap Pakai untuk Penanganan Darurat Bencana Banjir di Kabupaten Solok Selatan sebesar Rp250 juta.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Solok Selatan telah berkoordinasi dengan instansi terkait guna melakukan evakuasi serta pendataan.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Solok Selatan beserta Dinas Sosial (TAGANA), TNI - POLRI dan masyarakat juga telah melakukan pembersihan terhadap rumah warga yang terkena banjir.

"BPBD Kabupaten Solok Selatan telah memberikan bantuan logistik untuk korban Bencana Banjir berupa makanan siap saji sekitar empat ribu bungkus," kata Agus.

Pemerintah Kabupaten Solok selatan telah menetapkan Status Tanggap Darurat mulai 22 November sampai 5 Desember 2019.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan telah menetapakan SK Tim pembentukan Pos Komando yang di Pimpin sebagai IC Sekretaris Daerah.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan juga telah melakukan koordinasi dengan pemerintah Provinsi dan telah melaporkan dampak, kerugian dan upaya yang telah dilakukan kepada BNPB.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved