Presiden Jokowi Minta Nasabah Mekaar Pakai Uang Pinjaman untuk Modal Usaha, Bukan Beli Baju

Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada para nasabah program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) untuk berhati-hati mengelola uang pinjaman

Presiden Jokowi Minta Nasabah Mekaar Pakai Uang Pinjaman untuk Modal Usaha, Bukan Beli Baju
Tribunnews.com/Theresia
Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Subang, Jawa Barat didampingi Stafsus Milenial, Jumat (29/11/2019). (Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNNEWS.COM, SUBANG - Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada para nasabah program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) untuk berhati-hati mengelola uang pinjaman yang sudah dipercayakan kepada mereka.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung program Mekaar di Kawasan Bintang Fantasi, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Jumat (29/11/2019).

Jokowi mengatakan, para nasabah harus dapat memanfaatkan dana pinjaman yang diberikan sebaik mungkin dan hanya untuk kepentingan usaha.

"Kalau dapat pinjaman Rp 4 juta, gunakan seluruhnya untuk modal kerja, gunakan semuanya untuk modal usaha," ujar Joko Widodo di hadapan para nasabah.

Masyarakat yang mayoritas merupakan gadis-gadis menyambut Jokowi seusai berpidato di Kawasan Kolam Renang Bintang Fantasi, Desa Rancasari, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Jumat (29/11/2019).
Masyarakat yang mayoritas merupakan gadis-gadis menyambut Jokowi seusai berpidato di Kawasan Kolam Renang Bintang Fantasi, Desa Rancasari, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Jumat (29/11/2019). (Tribuncirebon.com/Handhika Rahman)

Pasalnya, jika kepercayaan yang telah diberikan itu rusak, para nasabah akan kesulitan untuk meminjam uang di kemudian hari.

Ia juga mewanti-wanti kepada para nasabah agar tidak tergiur membelanjakan uang pinjaman untuk kepentingan pribadi, seperti berbelanja baju dan lain sebagainya.

"Jangan sampai, waduh ini ada baju bagus hanya dua ratus ribu, beli. Nah ini mulai. Dimulai beli baju dua ratus ribu atau seratus ribu," ucapnya.

Apabila sudah terbiasa membelanjakan uang hasil pinjaman untuk keperluan pribadi, disebutkan Jokowi, maka uang pinjaman itu tidak terasa akan cepat habis.

Para nasabah akan akan secara berkelanjutan membeli barang-barang yang lain.

"Begitu itu sudah beli, belinya dari uangnya Mekaar, pasti akan ke mana-mana yang dibeli pasti bukan hanya baju saja," ujar Jokowi.

"Minggu berikut pergi ke mal lirik-lirik lagi ada ini (memperagakan memakai lipstik). Ya, kan? Beli lagi," ucap dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meminta komitmen dari para nasabah untuk tidak menyalahgunakan bantuan pinjaman Mekaar.

"Ini hati-hati jangan sampai bantuan pinjaman dari BUMN PT PNM dipakai untuk hal hal di luar usaha, setuju?" ujar Jokowi disambut serentak kata setuju dari para nasabah.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Presiden Jokowi Ingatkan Nasabah Mekaar Tak Pakai Bantuan Pinjaman untuk Beli Baju atau Lipstik, https://jabar.tribunnews.com/2019/11/29/presiden-jokowi-ingatkan-nasabah-mekaar-tak-pakai-bantuan-pinjaman-untuk-beli-baju-atau-lipstik.


Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved