Breaking News:

Infrastruktur dan Fasilitas Publik sebagai Kado Natal untuk Papua

Pembangunan jembatan Youtefa yang ikonik, pengembangan bandara di berbagai wilayah Papua, dan jalan trans Papua bisa dinikmati warga Bumi Cenderawasih

Istimewa
Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Wetipo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pembangunan jembatan Youtefa yang ikonik, pengembangan bandara di berbagai wilayah Papua, dan jalan trans Papua bisa dinikmati warga Bumi Cenderawasih di akhir tahun ini.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), John Wempi Wetipo, meminta warga Papua untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang terus digenjot pemerintah di Papua.

"Kita dan masyarakat harus bersinergi. Harapan kita adalah sama-sama mendukung semua infrastruktur yang dikerjakan pemerintah agar bisa terwujud di Tanah Papua," kata John Wempi, Rabu (11/12/2019).

Dari seluruh proyek infrastruktur yang dikerjakan di Papua, kendala hanya terjadi pada pembangunan jalan trans Papua. Pembangunan jalan sepanjang 2.300 km itu masih terkendala medan yang berat dan situasi keamanan.

Selain itu, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di perbatasan Papua Nugini akan rampung akhir tahun 2019. Pembangunan PLBN merupakan komitmen Pemerintah untuk melanjutkan pembangunan PLBN hingga tahun 2021, sesuai dengan amanat Nawacita yang dicetuskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lima tahun silam, yaitu “Membangun dari Pinggiran”.

Pembangunan infrastruktur di Papua juga diapresiasi oleh warga Papua. Tokoh Masyarakat Papua, Samuel Tabuni mengatakan, pembangunan infrastruktur dirasakan sekali manfaatnya oleh masyarakat. "Program infrastruktur pemerintah sangat dirasakan manfaatnya oleh warga Papua. Semuanya berkualitas," ujarnya.

Kedepan, tantangan pemerintah selnjutnya adalah pembangunan SDM di Papua. Menurutnya, warga Papua juga perlu pembangunan SDM untuk kemajuan pulau paling timur di Indonesia itu. "Tapi orang Papua butuh pendidikan yang bermutu dan berkualitas agar semua pembangunan infrastruktur berdampak pada mereka," tegasnya.

Selain pembangunan infrastruktur, pemerintah juga menggelontoran dana otonomi khusus untuk Papua dan Papua Barat pada 2020 sebesar Rp 21,4 triliun.

Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved