Breaking News:

Gibran Terjun ke Politik

Gibran Maju Pilwalkot Solo Lewat DPD Jateng, Pengamat: PDI-P akan Cari Sosok Potensial Pemenang

Gun Gun Heryanto menanggapi langkah putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Tangkapan Layar Kompas TV
Analis Politik UIN Gun Gun Heryanto menuturkan, sebagai putra presiden, langkah Gibran Rakabuming Raka untuk terjun ke kancah politik memiliki keuntungan. (Tangkapan Layar Kompas TV) 

TRIBUNNEWS.COM - Analis Politik Universitas Islam Negeri (UIN), Gun Gun Heryanto menanggapi langkah putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Gibran sudah sah menjadi Bakal Calon Wali Kota Solo setelah mendaftarkan diri di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jawa Tengah, Kamis (12/12/2019).

Dalam program Kompas Petang, Gun Gun Heryanto ditanya mengenai dinamika yang tengah dihadapi PDI-P setelah pendaftaran Gibran itu.

"Sekarang akan sangat bergantung kepada proses pertimbangan tingkat pusat," ujar Gun Gun Heryanto di Studio Menara Kompas, Kamis (12/12/2019), dikutip dari YouTube Kompas TV.

Menurut Gun, PDI-P akan mempertimbangkan sosok yang dinilai akan memenangkan Pilkada.

Termasuk Pilkada Solo 2020 yang akan diikuti oleh Gibran nantinya.

"Makanya kalau bicara mengenai posisi PDI-P di Solo, akan mencari sosok potensial yang akan memenangi konstetasi di Solo," jelasnya.

Gibran disebut memiliki modal politik berupa jaringan yang telah dibentuk Jokowi saat menjabat sebagai Wali Kota Solo. Namun pengamat menyatakan, untuk menjadi memimpin dan menjadi pejabat publik, Gibran perlu memiliki kompetensi.
Gibran disebut memiliki modal politik berupa jaringan yang telah dibentuk Jokowi saat menjabat sebagai Wali Kota Solo. Namun pengamat menyatakan, untuk menjadi memimpin dan menjadi pejabat publik, Gibran perlu memiliki kompetensi. (Instagram @gibran_rakabuming dan Tribunnews.com)

Selain itu, Gun juga berharap Presiden Jokowi bisa menempatkan dirinya dengan baik menghadapi Pilkada 2020.

Mengingat selain Gibran, menantu Jokowi yaitu Bobby Nasution juga menjadi Bakal Calon Wali Kota Medan.

Gun berharap Jokowi tidak masuk dalam proses pemenangan Gibran dan Bobby, sehingga tidak timbul dugaan conflict of interest atau konflik kepentingan.

Halaman
1234
Penulis: Nuryanti
Editor: Fathul Amanah
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved