Breaking News:

Diprotes, Asap Pemusnahan Jutaan Batang Rokok Ilegal Ganggu Warga di Aceh Barat

Sehingga menyebabkan warga harus keluar dari rumah menyelamatkan anak-anaknya dari asap rokok yang dinilai berbahaya itu.

Editor: Hendra Gunawan
Sa'dul Bahri/Serambi Indonesia
Pihak Bea dan Cukai Meulaboh mengumpulkan ribuan bukus rokok illegal, Rabu (18/12/2019), untuk di musnahkan dengan cara membakarnya di Lapangan Bola Kaki Teuku Umar kawasan Desa Suak Indra Puri, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. 

Laporan Wartawan Serambinews.com, Sa’dul Bahri

TRIBUNNEWS.COM, MEULABOH – Sebagian warga Desa Suak Indri Puri, Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat terpaksa harus mengungsi dari rumah akibat kepulan asap pemusnahan rokok illegal, Rabu (18/12/2019) di desa setempat.

Pemusnahan jutaan batang rokok ilegal milik Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Dan Cuka (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Meulaboh dimusnahkan di kawasan desa Suak Indra Puri.

Sebelumnya pemusnahan rokok illegal tersebut dilakukan di Lapangan Teuku Umar, namun setelah itu pemusnahan dipindahkan ke tanah kosong yang berada di desa tersebut.

Akibat pembakaran tersebut menyebabkan kepulan asap masuk ke pemukiman warga.

Baca: Penyergapan TNI AL di Perairan Jambi, Penyelundupan Jutaan Rokok Ilegal Digagalkan

Baca: Amankan Penerimaan Negara, Bea Cukai Kembali Sita Jutaan Batang Rokok Ilegal

Baca: Tak Kenal Lelah, Bea Cukai Kembali Sita Rokok Ilegal Senilai Rp2,8 Miliar

Sehingga menyebabkan warga harus keluar dari rumah menyelamatkan anak-anaknya dari asap rokok yang dinilai berbahaya itu.

Kepala Desa Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Rosni Fianti Mala kepada Serambinews.com, Rabu (18/12/2019) malam mengatakan, pihaknya merasa geram atas aksi pihak KPPBC Tipe Madya Pabean C Meulaboh di tanah kosong desa itu yang menyebabkan asap mengganggu warga setempat.

"Lokasi pemusnahan yang dilakukan itu memang tanah kosong milik Bea dan Cukai, tapi jangan seperti itu lah, sebab sangat merugikan warga kita.

Seharusnya mereka memberitahukan hal itu, jangan sembarang bakar, apa lagi asap rokok cukup berbahaya, dan banyak warga saya harus mengungsi akibat asap rokok itu,” ungkapnya.

“Saya terpaksa harus lari dari rumah bersama istri menyelamatkan anak dari kepulan asap rokok itu,” ujar Hendi Sebayang, salah satu warga Suak Indra Puri.

Ia menyesalkan pemusnahan rokok illegal oleh pihak bea cukai itu berlangsung dalam dua tempat.

Karena hal itu disamping sangat mengganggu warga juga takut disalah gunakan dengan pencomotan barang bukti tersebut.

Ia berharap agar hal yang sama jangan sampai terulang ke depan, sebab sangat merugikan warga jika dilakukann pemusnahan disembarangan tempat.(Sa'dul Bahri)

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Masyarakat Protes Aksi Pembakaran Rokok Ilegal di Meulaboh, Kepulan Asap ke Rumah Warga

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved