Banjir di Jakarta

Banjir di Jabodetabek, Ridwan Kamil: Curah Hujan Tertinggi Sepanjang 12 Tahun Terakhir

Ridwan Kamil mengungkapkan, curah hujan yang menyebabkan banjir di wilayah Jabodetabek adalah curah hujan tertinggi sepanjang 12 tahun terakhir.

Banjir di Jabodetabek, Ridwan Kamil: Curah Hujan Tertinggi Sepanjang 12 Tahun Terakhir
Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Praratya Ridwan Kamil meninjau titik-titik banjir di Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor, Kamis, (2/1/20). 

TRIBUNNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, curah hujan yang menyebabkan banjir di sejumlah daerah di wilayah Jabodetabek adalah curah hujan tertinggi sepanjang 12 tahun terakhir.

Pernyataan tersebut disampaikan Ridwan Kamil dalam acara Kabar Petang  di kanal YouTube tvOneNews, Jumat (3/1/2020).

Diketahui, hujan dengan intensitas tinggi yang tak kunjung berhenti terjadi sejak 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 menyebabkan sejumlah wilayah Jabodetabek tergenang banjir.

"Kalau kita melihat data dari BMKG bahwa curah hujan pada saat akhir tahun kemarin itu tertinggi selama 12 tahun terakhir," ujar Ridwan Kamil.

"Sebelumnya kan maksimal hujan besar itu 100 milimeter kemarin itu sampai 377 milimeter, dan zonanya berada di Jabodetabek" tambahnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Kompleks Parlemen MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Kompleks Parlemen MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019). (Fitri Wulandari/Tribunnews.com)

Namun menurut Ridwan Kamil, hujan ekstrem ini terjadi hampir di seluruh Pulau Jawa.

Begitupun yang terkena dampak banjir tidak hanya di Jabodetabek tetapi juga di provinsi yang lain.

Hanya saja, tidak sebesar yang terjadi di Jabodetabek.

"Nah di Jawa Barat sendiri yang terdampak tidak hanya Kota Bekasi ada Kabupaten Bekasi."

"Ada bagian Kota Depok, ada sebagian Kabupaten Bogor kemudian juga Kabupaten Karawang, dan juga Kabupaten Indramayu," tambahnya.

Halaman
1234
Penulis: Nanda Lusiana Saputri
Editor: Ifa Nabila
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved