Detik-detik Heli Jokowi Batal Mendarat karena Cuaca, Bupati dan Wartawan Sempat Terbengong-bengong

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedianya mengunjungi Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor yang merupakan wilayah terisolir akibat longsor dan banjir.

Detik-detik Heli Jokowi Batal Mendarat karena Cuaca, Bupati dan Wartawan Sempat Terbengong-bengong
Alex Suban/Alex Suban
Helikopter Kepresidenan Jenis Super Puma L-2 (AS 332) berlatih di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/8/2017). Heli itu dioperasikan oleh Skadron Udara 45 yang merupakan Skadron angkut khusus VIP/VVIP yang berada di bawah Wing Udara 1, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Warta Kota/Alex Suban) 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedianya mengunjungi Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor yang merupakan wilayah terisolir akibat longsor dan banjir, Minggu (5/1/2020). 

Namun, heli yang ditumpangi Jokowi gagal mendapar karena cuaca buruk.

Dikutip dari laman Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional, bnpb.go.id, peristiwa itu bermula saat pada Minggu pagi, tiga unit helikopter TNI-AU sudah stand by di Lanud Atang Sanjaya Bogor.

Satu heli di antaranya, berisikan Presiden Jokowi, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kepala BNPB Doni Monardo.

Dari Lanud Atang Sanjaya ke lapangan Helipad di Kecamatan Sukajaya Bogor bisa ditempuh dalam waktu sekitar 20-an menit dengan helikopter kepresidenen Super Puma L-2 AS-332.

Setelah terbang, 5 menit menjelang sampai di titik lokasi, helikopter berbendera merah putih dan bernomor ekor H-3204 itu gagal mendarat akibat cuaca jelek.

Dua helikopter berisi rombongan lainnya, beberapa menit sebelumnya berhasil mendarat.

Dua helikopter rombongan yang membawa Sekretariat Presiden dan Staf Presiden sempat menunggu kedatangan helikopter Jokowi saat hujan deras tengah mengguyur kawasan lokasi pendaratan di Lapangan Kantor Kecamatan Sukajaya, Minggu (5/1/2020).
Dua helikopter rombongan yang membawa Sekretariat Presiden dan Staf Presiden sempat menunggu kedatangan helikopter Jokowi saat hujan deras tengah mengguyur kawasan lokasi pendaratan di Lapangan Kantor Kecamatan Sukajaya, Minggu (5/1/2020). (TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy)

Dua-tiga kali pilot helikopter kepresidenan berwarna biru dan strip merah putih itu melakukan approach, sedia mendarat.

Sebanyak itu pula percobaan gagal, akibat cuaca buruk.

Cuaca berkategori bad weather adalah cuaca yang tak bisa dilawan siapa pun.

Halaman
123
Penulis: Daryono
Editor: Ifa Nabila
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved