Fatih Bilingual School Gelar Pelatihan Gratis untuk Tingkatkan Kualitas Guru

Program bertujuan nmeningkatkan mutu pendidikan dan membagikan pengalaman mengenai teknik dan cara mengajar yang efisien dan ikut perkembangan jaman

Fatih Bilingual School Gelar Pelatihan Gratis untuk Tingkatkan Kualitas Guru
ist
Fatih Bilingual School bekerjasama dengan Teuku Nyak Arif Bilingual School menggelar Fatih Development of Teacher Proficiency (FDTP) dengan tema “Improving the Quality of Education,Where to Start?” sebagai upaya untuk membantu pengembangan diri bagi guru dan pendidik yang berkecimpung di dunia pendidikan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rendahnya kualitas guru di Indonesia menjadi tantangan mencetak generasi unggul sesuai tuntutan revolusi industri 4.0 padahal mereka garda terdepan pencetak SDM berkualitas.

Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim mengatakan, kualitas guru di Indonesia masih di bawah standar. bahkan dalam uji kompetensi guru pada 2015 misalnya, mendapati hasil masih di bawah standar kompetensi minimal (SKM).

"Rata-rata memiliki nilai 53 atau dua poin di bawah SKM. Hasil siswa kita masih tertinggal. Misal, matematika kita 73 persen bermasalah,” ujarnya.

Dari sisi cara menyajikan pelajaran atau metode pembelajaran, mayoritas guru di Indonesia belum cakap untuk menyesuaikan dengan zaman.

"Mereka hanya sebatas mengajar dan itu merupakan cara lama yang sudah tidak cocok dengan zaman," lanjutnya.

Baca: Kata Sujiwo Tejo Terkait Pendidikan di Indonesia: Pendidikan Harus Keras, Bahaya Kalau Nuruti HAM

Baca: Kini Saatnya Kota Surabaya! MasukKampus Selalu Berhasil Dalam Acara Try Out Menuju Kampus Impian

Baca: 60 Proposal Riset terseleksi di Forum Ideasi Riset Bersama Pertamina

Salah satu upaya meningkatkan kualitas guru adalah dengan melakukan pemberdayaan guru secara berkesinambungan. Hal ini yang juga dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Aceh bersama Fatih Bilingual School bekerjasama dengan Teuku Nyak Arif Bilingual School.

Mereka menggelar Fatih Development of Teacher Proficiency (FDTP) dengan tema “Improving the Quality of Education,Where to Start?” sebagai upaya untuk membantu pengembangan diri bagi guru dan pendidik yang berkecimpung di dunia pendidikan.

"Ini merupakan program pengembangan kinerja mengajar untuk para guru, pemimpin sekolah, mahasiswa, akademisi dan pengamat pendidikan se-Provinsi Aceh ," kata Nurhadi Hafman, GM Fatih Bilingual School dalam keterangannya di Jakarta, Minggu(05/01/2020).

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan membagikan pengalaman mengenai teknik dan cara mengajar yang efisien dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Dijelaskannya, kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 2 - 4 Januari 2020 dan dibuka oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman di Aula Kampus Fatih Bilingual School diikuti oleh 204 peserta dari 14 kota dan kabupaten.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved