Pemimpin Batam Perlu Libatkan Anak Muda dan Genjot Investasi

Dengan jargon Batam Baru, Rian punya target melakukan lelang jabatan untuk birokrasi yang lebih cepat dan profesional.

KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA
Rian Ernest dalam sebuah diskusi di Rumah Lembang, Jakarta Pusat, Rabu (18/1/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Menghadapi Pemilihan Wali Kota Batam 2020, para calon dinilai perlu memiliki program yang melibatkan generasi muda dan mampu menggenjot investasi ekonomi.

"Harus ada yang berani mengemukakan kebijakan yang pro pada generasi muda. Pelibatan anak muda dalam kebijakan yang dibuat pemerintah juga harus jelas," kata akademisi muda dari Universitas Riau Kepulauan, Askarmin Harun, kepada wartawan, Sabtu (11/1/2020).

Menurutnya, keterlibatan anak muda pada proses politik di Kota Batam saat ini sangat minim.

Hal itu bahkan tercermin dari tingkat partisipasi anak muda di pemilihan umum.

"Tingkat partisipasi Pilwako Batam 2015 hanya ada di kisaran 48 persen saja. Sebagian besar yang tidak memilih adalah anak muda," kata Askarmin.

Ia melihat ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini, seperti kurangnya sosialisasi politik terutama dari partai yang berperan dalam pengenalan kultur politik.

Selain itu, anak muda Batam yang kebanyakan pekerja juga lebih memilih memanfaatkan waktu libur pemilihan untuk berekreasi.

"Pilihan ini juga bisa dipengaruhi karena mereka sudah jenuh dengan iklim politik dan tokoh yang tidak mampu mengubah keadaan," kata Askarmin.

Kejenuhan ini sebenarnya bisa diatasi dengan program yang sesuai dengan kepentingan anak muda. Upaya menggenjot investasi, bisa jadi magnet bagi pemilih muda Batam di usia produktif.

"Ketika investasi dan ekonomi loyo, lapangan pekerjaan minim. Namun, jika si calon punya program membuka keran investasi, maka ke depannya lebih banyak anak muda bisa bekerja dan tertarik berpartisipasi aktif dalam proses politik," kata Askarmin.

Halaman
12
Berita Populer
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved