Munculnya Motor Listrik dengan Nama Veda Mendapat Reaksi dari Umat Hindu di Bali, Ini Masalahnya

Munculnya produk motor listrik lokal yang mana salah satu modelnya diberi nama ‘Veda’ mendapat sorotan dari Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI).

Munculnya Motor Listrik dengan Nama Veda Mendapat Reaksi dari Umat Hindu di Bali, Ini Masalahnya
Wartakota/Henry Lopulalan
KONVOI KENDARAAN LISTRIK - Konvoi Motor Listrik, ketika mengikuti konvoi melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (20/9/2019). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari promosi Pemprov DKI Jakarta dalam menyambut penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E tahun 2020. (Wartakota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWSI.COM, DENPASAR - Munculnya produk motor listrik lokal yang mana salah satu modelnya diberi nama ‘Veda’ mendapat sorotan dari Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI).

Ketua PHDI Bali, Prof I Gusti Ngurah Sudiana mengaku sudah merespons informasi tersebut dengan berkirim surat ke PHDI Pusat.

“PHDI Bali sudah bersurat ke PHDI Pusat supaya segera ditindaklanjuti,” kata Prof Sudiana saat dihubungi melalui sambungan seluler, Rabu (15/1/2020) malam.

PHDI mengusulkan kepada pemegang merek sepeda motor itu, supaya mengganti nama produknya dengan nama yang tidak mengandung unsur Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA).

Alasannya karena nama ‘Veda’ yang merupakan ejaan sansekerta Weda itu disakralkan oleh umat Hindu, sama seperti kitab suci-kitab suci lainnya.

 

“Supaya jangan nanti maksudnya baik, tetapi mengandung unsur-unsur kurang baik. Intinya dari PHDI Bali mengusulkan agar diganti saja,” kata dia, seraya menyebut sedang berada di Pura Batukaru.

Selanjutnya, kalau tidak ada reaksi, mungkin PHDI akan mengundang produsen dan agen pemegang merek sepeda motor listrik itu, dan diberikan penjelasan lebih jauh mengenai keberatan dari pihak PHDI.

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul PHDI Bali Minta Nama Motor Listrik 'Veda' Diganti, Bakal Undang Pemegang Merek, https://bali.tribunnews.com/2020/01/15/phdi-bali-minta-nama-motor-listrik-veda-diganti-bakal-undang-pemegang-merek.

Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved