BKSDA Batam Belum Temukan Buaya yang Disebut Warga Sempat Muncul di Sekitar Pelabuhan Kabil

BKSDA belum menemukan lokasi persis dari buaya yang kemunculannya diketahui direkam oleh seorang karyawan yang bekerja di sekitar area tersebut.

BKSDA Batam Belum Temukan Buaya yang Disebut Warga Sempat Muncul di Sekitar Pelabuhan Kabil
Istimewa
Kemunculan buaya di sekitar kawasan pelabuhan di Kabil, Kecamatan Nongsa, Batam sempat membuat heboh karyawan, Kamis (16/1/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Kemunculan buaya di sekitar pelabuhan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam menjadi perhatian Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah II Batam.

Pihaknya melakukan penelusuran berdasarkan lokasi dari video amatir yang banyak bermunculan di lini masa.

Sayangnya, pihak BKSDA belum menemukan lokasi persis dari buaya yang kemunculannya diketahui direkam oleh seorang karyawan yang bekerja di sekitar area tersebut.

"Tidak ketemu lokasinya sesuai video. Belum ketemu tempatnya (belum tahu pasti)," ucap staff BKSDA wilayah II Batam, Purwanto melalui sambungan seluler, Minggu (19/1/2020).

Dari penuturan nelayan sekitar, buaya yang muncul biasa disebut warga dengan Buaya Senyulong atau Buaya Sepit (Tomistoma Gharial).

Menurut nelayan sekitar, buaya jenis ini biasanya memiliki ukuran maksimal sepanjang 3,5 meter dengan ciri khas moncong panjang dan runcing.

"Jumlah buaya ini terus berkurang seiring penebangan dan kebakaran lingkungan hutan. Kasihan, ini tentu menjadi perhatian kita semua," ungkap nelayan bernama Bob.

Kait besi sepasang pisah untuk menangkap buaya.
Kait besi sepasang pisah untuk menangkap buaya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Dari data Internasional Union for Conservation of Nature and Natural (IUCN), tercatat jika spesies ini semakin rentan dan akan mengalami kepunahan disebabkan populasi global diprakirakan hanya kurang dari 2.500 individu dewasa.

Warga Cemas Mau ke Pantai

Kemunculan buaya di sekitar pelabuhan di Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam tidak hanya membuat khawatir nelayan.

Halaman
1234
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved