Virus Corona

2.258 Wisatawan Tiongkok Berkunjung ke Riau, Dinkes Belum Temukan Kasus Virus Corona

Dinkes Provinsi Riau mengkonfirmasi sejauh ini belum ada laporan dari kabupaten dan kota ada masyarakat atau pendatang yang mengidap virus corona.

2.258 Wisatawan Tiongkok Berkunjung ke Riau, Dinkes Belum Temukan Kasus Virus Corona
Tribunnews/JEPRIMA
Petugas melakukan pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) saat penumpang pesawat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tanggerang, Banten, Rabu (22/1/2020). Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas 1 Soekarno Hatta meningkatkan kewaspadaan dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) untuk mengantisipasi masuknya virus corona yang berasal dari negara China ke wilayah Indonesia. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU - Badan Pusat Statistis (BPS) Provinsi Riau mencatat terhitung mulai Januari hingga November 2019 lalu jumlah wisatawan asal Tiongkok yang masuk ke Riau sebanyak 2.258 orang.

Lalu dari Amerika Serikat sebanyak 2.876 orang, dari Australia 1.381 orang.

Jika dirata-ratakan, dengan jumlah ini rata-rata ada 542 orang per bulannya bertandang ke Riau, dari ketiga negara itu, termasuk di akhir tahun lalu.

Wisman yang masuk melalui pintu masuk utama Bandara SSK II sebanyak 39.547 orang, Pelabuhan Internasional Dumai 11.091 wisman, Pelabuhan Internasional Bengkalis 4.445 wisman.

Kemudian, pelabuhan Internasional Selat Panjang sebanyak 1.127 wisman dan pelabuhan lainnya sebanyak 95.436 wisman, dalam kurun waktu Januari-November 2019.

Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau mengkonfirmasi sejauh ini belum ada laporan dari kabupaten dan kota ada masyarakat atau pendatang yang mengidap virus corona.

Namun bukan berarti tidak ada antisipasi yang dilakukan, terutama pada pintu-pintu masuk wisman tersebut.

"Sampai kini belum ada laporan yang masuk," kata Kepala Diskes Riau, Mimi Yuliani Nazir, Jumat (24/1/2020).

Masyarakat Provinsi Riau diimbau agar tidak panik menanggapi isu virus corona atau novel coronavirus (nCoV) dari Kota Wuhan, China.

Baca: Virus Corona Diduga Berasal dari Kelelawar, Ini Alasan Warga Tiongkok Suka Kuliner Ekstrem

Baca: Satu Pasien Suspect Virus Corona di Rawat di RSPI Sulianti Saroso Kondisinya Dikabarkan Stabil

Ia juga memberikan pemahaman, bahwa virus corona ini merupakan pneumonia yang merupakan infeksi atau peradangan akut pada jaringan paru yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, seperti bakteri, virus, parasit, jamur, pajanan bahan kimia atau kerusakan fisik paru.

Halaman
1234
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved