Pengantin di Kulon Progo Nikah dengan Upacara Bendera, Pengantin Hafalkan Pancasila Sebelum Akad

Pernikahan unik ini berlangsung di rumah Ngamijo (57) di Pedukuhan Kedungpring, Kelurahan Giripeni, Kapanewon Wates, Kulon Progo, DIY

Pengantin di Kulon Progo Nikah dengan Upacara Bendera, Pengantin Hafalkan Pancasila Sebelum Akad
KOMPAS.COM/DANI JULIUS
Mempelai menikah dengan cara upacara bendera berlangsung di Pedukuhan Kedungpring, Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogjakarta.(KOMPAS.COM/DANI JULIUS) 

TRIBUNNEWS.COM - Pasangan Farid Ridwan (26) dan Dwi Setyaningsih (25) menikah dengan cara upacara bendera di depan pelaminan.

Pernikahan unik ini berlangsung di rumah Ngamijo (57) di Pedukuhan Kedungpring, Kelurahan Giripeni, Kapanewon Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebagaimana upacara bendera, ada acara sambutan dan pembukaan. Para hadirin dan pasangan mempelai lantas menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kepala Kantor Urusan Agama Kapanewon Wates Zamroni mengatakan, dari semua rangkaian itu, yang terutama adalah mempelai harus hafal Pancasila sebagai dasar negara.

Setelah hafal sila Pancasila, mempelai wanita dan pria akan menjalankan ijab.

"Kedua mempelai juga harus mengucapkan Pancasila di upacara ini," kata Zamroni, Minggu (2/2/2020), seperti dikutip dari Kompas.com

Menurut Zmroni, pernikahan dengan tema ini memang bertujuan membuat acara yang penuh bahagia sekaligus memupuk rasa nasionalisme.

Semua berawal dari harapan pada generasi muda atau milenial untuk terus memupuk nasionalisme, dan cinta Tanah Air.

Selain itu, untuk menjunjung persatuan dan kesatuan, bangga pada perbedaan, serta religius dan kebersamaan umat.

Bagi Zamroni, salah satu yang menjadi tolok ukurnya adalah Pancasila.

Halaman
12
Editor: Sugiyarto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved