Breaking News:

Jumlah Desa Maju di Kalsel Terus Bertambah, paman Birin Bersyukur

H Sahbirin Noor, mengungkapkan syukur atas bertambahnya jumlah desa berstatus maju di daerahnya.

dok.Humas Pemprov Kalsel
Paman Birin Bersyukur 

TRIBUNNEWS.COM, BANJARBARU - Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, mengungkapkan syukur atas bertambahnya jumlah desa berstatus maju di daerahnya.

Hal tersebut disampaikan Paman Birin sapaan akrabnya, pada pembukaan Rapat Kerja Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020 di Gedung Idham Chalid, Kantor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Selasa (25/2).

"Saya sangat bersyukur karena jumlah desa berstatus maju terus bertambah. Dan sebaliknya jumlah desa sangat tertinggal terus berkurang," tuturnya.

Berdasarkan data indeks desa membangun terus meningkat, jika di tahun 2017 Kalsel hanya memiliki 1 desa mandiri saja di tahun 2019 kemarin bertambah menjadi 4 desa mandiri.

Sedangkan untuk desa maju dari 16 desa tahun 2017 bertambah menjadi 110 desa maju ditahun 2019.

Jumlah desa tertinggal juga terus menurun dari 1.184 ditahun 2017 menjadi menjadi 516 desa ditahun 2019.
Tercatat dari 254 di tahun 2017 menjadi 40 desa tahun 2019.

" Ini merupakan dampak nyata dari dana desa yang digulirkan Presdien Joko Widodo," ucapnya.

Data tersebut menurut Paman Birin membuktikan dana desa telah memberikan dampak yang nyata untuk kemajuan da pemberdayaan desa di Kalsel.

Paman Birin juga menekankan kepada Kepala Desa agar dapat memanfaatkan dana desa sebaik mungkin untuk kesejahteraan masyarakat serta dapat mengatasi kesenjangan dan mengentaskan kemiskinan, sehingga tidak ada lagi desa tertinggal.

aDalam rapat kerja yang dihadiri Camat dan Kepala Desa se Kalsel, Gubernur mengungkapkan, tahun ini Provinsi Kalimantan Selatan mendapat kucuran dana desa Rp 1,5 triliun. Dana tersebut meningkat dari tahun sebelumnya.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved