Ribuan Ikan Mati di Pantai Laut Ujong Blang Bireuen Aceh, Hasil Lab: Air Laut Tidak Tercemar

Dari hasil pengukuran sementara terhadap kualitas air laut, PH air 6,8-7,6 dan suhu 31,1 derajat celcius, artinya air laut tidak tercemar.

Serambinews.com/Ferizal Hasan
Ribuan ikan kecil-kecil seperti ikan ilak, mati di pinggir pantai laut Ujong Blang, Kecamatan Kuala, Bireuen, Aceh, Minggu (22/3/2020). 

Laporan Wartawan Serambi, Ferizal Hasan

TRIBUNNEWS.COM, BIREUEN - Ribuan ikan ditemukan mati di bibir pantai Ujong Blang, Kecamatan Kuala, Bireuen, Aceh, Minggu (22/3/2020).

Pasca temuan ribuan ikan mati itu, Dinas Lingkungam Hidup dan Kehutanan Bireuen, telah mengambil sampel ikan dan menguji penyebab ikan mati dengan membawa ikan dan air laut untuk diuji di laboratorium (lab).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bireuen, Drs Murdani didampingi Kabid Peningkatan Kapasitas Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Safrizal ST kepada Serambinews.com, Senin (23/3/2020) menyebutkan, dari hasil pengukuran sementara terhadap kualitas air laut, PH air 6,8-7,6 dan suhu 31,1 derajat celcius, artinya air laut tidak tercemar.

Menurut Safrizal, baku mutu air laut sesuai Keputusan Menteri Lingkungan Hidup (Kepmen LH) Nomor 51 Tahun 2004, tentang Baku Mutu Air Laut, Lampiran I, PH air laut 6,5-8,5 dan kebauan tidak berbau.

"Selain itu fakta di lapangan hanya didapat satu jenis ikan saja, kalau air laut tercemar, otomatis akan banyak jenis ikan lain yang mati," kata Murdani dan Safrizal.

Kemudian dari hasil pengawasan dan wawancara dengan nelayan, masyarakat dan pawang laot serta sumber lainnya menyebutkan, diduga ikan yang mati di bibir pantai itu merupakan hasil buangan tangkapan nelayan.

Baca: Membangun Kesadaran Kolektif Melawan Wabah Corona

Baca: Siwon Choi Super Junior Tulis Pesan Menyentuh Soal Covid-19 dengan Bahasa Indonesia

Sebelumnya diberitakan, ribuan ikan kecil-kecil seperti ikan ilak, mati di pinggir pantai laut Ujong Blang, Kecamatan Kuala, Bireuen, Aceh, Minggu (22/3/2020).

Pantauan Serambinews.com, ribuan ikan tampak berserakan di bibir pantai Desa Ujong Blang dan sudah menimbulkan bau amis.

Sementara itu di pantai juga sangat sepi. Biasanya hari libur atau Minggu ramai pengunjungbdi Pantai Rekreasi Ujong Blang tersebut.

Ikan mati massal di Pantai Pasir Ris Singapura
Ikan mati massal di Pantai Pasir Ris Singapura (Yap Wai Chong/Facebook)
Halaman
12
Berita Populer
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved