Breaking News:

Virus Corona

Sebidang Tanah Perhutani di Mojokerto Disiapkan Jadi Pemekaman Khusus Untuk Korban Covid-19

Sebidang tanah di Mojokerto telah dipersiapkan sebagai lahan untuk pemakaman khusus korban Covid-10.

istimewa
Titik koordinat lokasi rencana area pemakaman jenazah Covid-19 di lahan milik Perhutani Petak 81-D, Dusun Belukwangun, Desa Suru, Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto. 

TRIBUNNEWS.COM, MOJOKERTO - Sebidang tanah di Mojokerto telah dipersiapkan sebagai lahan untuk pemakaman khusus untuk korban Covid-10.

Lokasi pemakaman jenazah Covid-19 tersebut berada di lahan milik Perhutani Petak 81-D, Dusun Belukwangun, Desa Suru, Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto.

Persiapan area pemakaman ini sesuai permintaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai langkah antisipasi apabila ada penolakan dari warga mengenai pemakaman jenazah yang berkaitan dengan Covid-19 di wilayah Jawa Timur.

Camat Dawarblandong, Norman Handhito menjelaskan perlu ditekankan bahwa persiapan lahan pemakaman jenazah yang berhubungan dengan Covid-19 masih dalam tahap perencanaan sesuai intruksi dari Pemprov Jatim.

Baca: BREAKING NEWS: Dunia Musik Indonesia Berduka, Glenn Fredly Meninggal Dunia

Baca: BREAKING NEWS - Penyanyi Glenn Fredly Dikabarkan Meninggal Dunia

Baca: Kementerian Agama Siapkan Skenario Jika Pelaksanaan Haji 2020 Ditiadakan

Sesuai penyampaian pihak BPBD Provinsi Jawa Timur ada 9 lokasi termasuk di Mojokerto yang nantinya akan digunakan untuk pemakaman jenazah Covid-19.

"Rencana persiapan artinya apa? Jadi lahan itu masih dalam tahap peninjauan nanti tim dari Pemprov Jatim secara terpadu akan memastikannya jadi apa tidaknya lahan milik Perhutani digunakan untuk pemakaman Covid-19," jelasnya saat dikonfirmasi Surya, Rabu (8/4/2020).

Ia mengatakan sebenarnya persiapan lahan pemakaman ini merupakan opsi paling akhir jika ada penolakan pemakamam jenazah yang berkaitan dengan Covid-19 di sejumlah daerah.

"Kami dalam konteks bukan mengusulkan tetapi Pemprov Jatim itu berinisiatif mempersiapkan area pemakaman khusus Covid-19 mana kala ada kebuntuan di masyarakat dan kebetulan Perhutani mempunyai lahan yang luas di Dawarblandong sehingga mudah digunakan tanpa pembebasan lahan," ungkapnya.

Masih kata Norman, rencananya akan memanfaatkan lahan seluas 100 meter milik Perhutani. Setidaknya, lahan ini bisa digunakan sekitar 40 makam.

Tempat itu dipilih karena paling tepat untuk area pemakaman khusus Covid-19 lantaran jaraknya juga jauh dari pemukiman penduduk.

Halaman
123
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved