Breaking News:

Diduga Kuat Ada Candi di Kawasan Situs Kumitir Mojokerto Peninggalan Kakek Raden Wijaya

Batu candi ini merupakan bagian dari pipi tangga yang diperkirakan dari Candi Kumitir

mohammad romadoni/surya
Petugas Tim Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur saat mengukur batu purbakala yang ditemukan di kawasan Situs Kumitir, Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Mohammad Romadoni

TRIBUNNEWS.COM,  MOJOKERTO - Penemuan batu purbakala di kawasan Situs Kumitir, Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto menguatkan hipotesis terkait keberadaan bangunan suci berbentuk candi di kawasan tersebut.

Batu berbentuk lonjong mirip seperti telur itu pertama kali ditemukan Fendi Andriyanto (26) warga setempat ketika mencari pasir pada Sabtu (11/4/2020) lukul 11.30 WIB.

Batu purbakala ini ditemukan di sisi sebelah barat makam desa Kumitir atau sekitar 100 meter dari Talud atau tembok penguat tanah di Situs Kumitir.

Arekolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho menjelaskan batu candi ini merupakan bagian dari pipi tangga yang diperkirakan dari Candi Kumitir.

Fungsi dari pipi tangga ini berada di kanan dan kiri paling ujung tangga candi.

"Batu ditemukan kemungkinan menghadap ke arah barat berarti kita duga sesuai hipotesis di area pemakaman Desa Kumitir ini ada candi yang merupakan tempat Pendharmaan Mahesa Cempaka yakni kakek dari Raden Wijaya," ujarnya di lokasi, Rabu (15/4/2020).

Apalagi di sini, lanjut Wicaksono, ditemukan batu komponen candi yang berserakan dalam kondisi terlepas dari struktur bangunan.

Baca: Begini Tanggapan Grab Terkait Pembatas Ojol Selama PSBB di Depok, Bogor, Bekasi

Baca: Target Gugus Tugas: Produksi APD dan Ventilator hingga Aktifkan 78 Lab untuk 10.000 Tes PCR per Hari

Penemuan batu bagian bagian pipi candi ini semakin menguatkan bahwa memang ada candi yang berhubungan dengan Talud ditemukan pada Oktober 2019.

Talud merupakan bagian dari tembok yang mengelilingi bangunan candi.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved