Breaking News:

BREAKING NEWS: 40 Kg Sabu Jaringan Malaysia Disita, 6 Pelaku Diciduk di Malaysia, Aceh dan Medan

Sebanyak 40 Kg sabu jaringan internasional Malaysia digagalkan, 6 pelaku diamankan di 3 tempat berbeda yaitu Malaysia, Aceh dan Medan.

Tribun Medan/Victor Arrival Hutauruk
Pengungkapan kasus narkotika sabu 40 kilogram jaringan internasional Malaysia-Aceh-Indonesia di Kantor BNN Provinsi Sumut, Senin (29/6/2020). 

Laporan Wartawan Tri bun Medan, Victory Arrival Hutauruk

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumut berhasil mengungkap kasus 40 kilogram sabu internasional Malaysia-Aceh-Indonesia.

Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari menyebutkan terdapat 6 pelaku yang diamankan di 3 tempat berbeda yaitu Malaysia, Aceh dan Medan.

Arman menegaskan penangkapan ini merupakan hasil dari kerja sama Tim Gabungan BNN Pusat, BNN Sumut, BNN Aceh, Bea Cukai Sumut.

"Pada hari Sabtu berhasil melakukan penyitaan dan penangkapan terhadap 40 kg sabu atau kristal Deskripsi Metamfetamina yang diselendupkan dari Malaysia Pulau Penang masuk ke Aceh tepatnya di Kuala Bireuen. Kemudian dibawa ke Medan dan di Medan dijemput oleh orang yang diutus oleh sindikat lain berasal dari Surabaya, jadi total 6 pelaku yang ditangkap," tuturnya saat konferensi pers di Kantor BNN Provinsi Sumut, Senin (29/6/2020).

Kronologis penangkapan berawal dari Laporan Informasi Puskoops Interdiksi Terpadu, bahwa akan ada penyelundupan narkotika jenis sabu yang dibawa dari Malaysia masuk ke perairan Kuala Bireuen Aceh yang rencananya akan diedarkan di wilayah Aceh dan Sumatera Utara.

Lalu pada Kamis 25 Juni 2020, Tim BNN berdasarkan hasil penyelidikan menduga kapal yang menjadi target akan masuk perairan Aceh pada hari Jumat atau Sabtu.

Menindaklajuti hal tersebut, Tim BNN berkoordinasi dengan Kanwil Bea Cukai Aceh dan selanjutnya menggerakkan kapal patroli laut Bea dan Cukai BC 15021 dan BC 20011 untuk melakukan upaya pemantauan di laut atas informasi STS (Ship to Ship) Narkotika oleh Kapal Nelayan jenis Oskadon diperairan Malaysia.

Baca: 119 Kg Sabu Diduga dari Malaysia Dibawa ke Aceh Timur Menggunakan Kapal Kayu KM Teupin Jaya

Baca: Mobil Box Bawa Rokok Senilai Rp 2 Miliar Dibajak, Perampok: Berapa Banyak Sabu dalam Mobil?

"Kemudian Sabtu 27 Juni 2020 sekitar pukul 16.30 WIB tim gabungan berhasil memantau pergeseran 2 orang tersangka dan sejumlah BB narkotika ke arah Medan, dan pada akhirnya dapat mengamankan tersangka MF dan MR di KM 14 Jaan Raya Binjai Medan bersama barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 29 bungkus sabu yang disimpan dalam dua karung," tutur Arman.

Ia menyebutkan berdasarkan hasil penyelidikan, barang bukti tersebut akan dibawa menuju Sumatera Utara dengan menggunakan kendaraan roda empat yang dikemudikan akan diserah terimakan kepada seorang penerima yang berada di Sumut.

Berdasarkan keterangan tersangka MF dan MR, petugas kemudian mengamankan pelaku berasala dari Surabaya yaitu BW dan AM di Area parkir Carrefour Plaza Medan.

"Dan dua lagi di sebuah pusat perbelanjaan yang seharusnya menjemput untuk dibawa ke Surabaya, pelaku BW dan AM adalah penerima narkotika di Medan. Kemudian pengembangan dilanjutkan ke wilayah Bireuen Aceh dan diamankan 8 bungkus narkotika jenis sabu yang di sembunyikan oleh pelaku RZ di gudang milik pelaku MRU yang berada di Jeumpa Kab. Bireuen Aceh," ungkapnya.

Terhadap para pelaku dan barang bukti yang ditemukan diamankan ke Kantor BNN RI untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (vic/tri bun-medan.com)

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul BREAKING NEWS: BNN Gagalkan Peredaran Sabu 40 Kg Jaringan Malaysia di Medan, 6 Pelaku Diciduk

Berita Populer
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved