Breaking News:

Nelayan Aceh Diminta Waspada, Tinggi Ombak Capai 5 Meter

Perairan Utara Sabang (perairan di atas Sabang) capai 2,5 sampai 5 meter dan perairan Utara-Timur Aceh mulai 1,5 sampai 2 meter

Tribun Bali/Istimewa
Ilustrasi Ombak Tinggi. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandara SIM Blangbintang meminta nelayan dan penyedia jasa penyeberangan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap tinggi gelombang laut yang mencapai 2 meter.

Kasie Data dan Informasi BMKG Bandara SIM Blangbintang, Zakaria Ahmad SE mengatakan,  kondisi cuaca ekstrem yang terjadi saat ini berpotensi terjadinya gelombang tinggi.

"Hal tersebut disebabkan oleh pengaruh angin laut di Samudra Hindia di sekitar Aceh masih kencang, yaitu antara 20 sampai 57 km/jam disaat-saat tertentu," kata Zakaria saat dihubungi Serambi, Senin (13/7/2020).

Adapun tinggi gelombang di masing-masing wilayah, seperti Barat-Selatan Aceh mencapai 5 meter.

Kemudian perairan Sabang-Banda Aceh, mulai 0,5 sampai 2 meter.

Lalu, perairan Utara Sabang (perairan di atas Sabang) capai 2,5 sampai 5 meter dan perairan Utara-Timur Aceh mulai 1,5 sampai 2 meter.

Baca: Desa Seumanah Jaya Aceh Timur Diteror Kemuculan Harimau, Terkam dan Seret Sapi Warga

Kemudian tinggi gelombang di perairan Selat Malaka Bagian Utara mencapai 2 meter dan tinggi gelombang di perairan Samudera Hindia Barat Aceh mencapai 2.0 sampai 5 meter.

"Karena itu kami dari BMKG mengimbau dan mengingatkan kepada para nelayan, kapal tongkang, dan ferry untuk mewaspada gelombang tinggi," ungkap Zakaria.

Di samping itu sebut Zakaria, masih terdapat belokan angin dan konvergensi di atmosfir Provinsi Aceh. Anomali suhu muka laut di Samudra Hindia Barat Sumatera mengakibatkan potensi terjadi hujan di Provinsi Aceh masih sangat besar.

Meski Aceh, terang Kasie Data dan Informasi BMKG Bandara SIM Blangbintang, Provinsi Aceh saat ini dalam musim kemarau.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved