Breaking News:

Ratusan Karyawan Rumah Sakit Martha Friska Medan Unjuk Rasa Tuntut Pembayaran Gaji dan THR

Ratusan karyawan Rumah Sakit Martha Friska Medan di-PHK sejak tanggal 26 Juli 2020 setelah tidak digaji selama empat bulan dan tanpa THR.

Tribun Medan/Rechtin Hani Ritonga
Aksi karyawan di halaman Rumah Sakit Martha Friska cabang Brayan, Jalan KL Yos Sudarso Medan, Rabu (5/8/2020). Mereka menuntut pihak rumah sakit memberikan upah selama empat bulan dan tunjangan hari raya. 

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Ratusan pengunjuk rasa membanjiri halaman Rumah Sakit Martha Friska Jalan KL Yos Sudarso Medan, Rabu (5/8/2020).

Mereka adalah para perawat, staf administrasi, sopir dan satpam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun-Medan.com, ratusan karyawan Rumah Sakit Martha Friska Medan di-PHK sejak tanggal 26 Juli 2020 setelah tidak digaji selama empat bulan dan tanpa Tunjangan Hari Raya (THR).

"Kami dirumahkan dan hak normatif tidak dibayar selama empat bulan. Setelah bekerja tanpa gaji selama empat bulan kami di-PHK secara sepihak dengan alasan pandemi Covid-19. Juga ada securiti dipecat dan diganti dengan securiti yang baru," ungkap koordinator aksi Romauli Lubis, Selasa (5/8/2020).

Baca: Covid-19 Berimbas Pada Bisnis Penyedia Nitrogen Ban Kendaraan, Turun 40 Persen, Bertahan Tak PHK 

Para pengunjuk rasa merupakan karyawan yang sudah bekerja selama 24 tahun dan ada juga yang selama dua tahun.

Menurutnya, Rumah Sakit Martha Friska cabang Brayan Medan jauh sebelum pandemi Covid-19 sudah mengalami masalah dalam pembayaran hak dokter dan karyawan.

"Dokter spesialis satu per satu ke luar dari rumah sakit karena upah macet dan dicicil. Hal itu membuat penurunan jumlah pasien yang sangat signifikan," katanya.

Baca: 4 Bulan Dirumahkan, Ratusan Buruh PT Golden Flower Demo Minta Kejelasan Upah

Ratusan pengunjuk rasa menyuarakan aksinya di depan Rumah Sakit Martha Friska Brayan dan menuntut pihak rumah sakit untuk keluar dan memberikan keterangan.

Sementara itu, hingga berita ini diunggah pihak rumah sakit belum bersedia ke luar untuk memberikan keterangan.

Tribun juga belum berhasil melakukan konfirmasi dengan manajemen rumah sakit.  (cr14/t ri bun-medan.com)

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Tuntut Gaji dan THR, Ratusan Karyawan Rumah Sakit Martha Friska Unjuk Rasa

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved