Breaking News:

Wabah Chikungunya Landa Kampung Cilumping di Cianjur, Puluhan Warga Alami Nyeri Sendi dan Demam

Wabah chikungunya melanda Kampung Cilumping RW 02, Desa Sukamulya, Kecamatan Warungkondang, sejak dua pekan lalu.

Tribun Jabar
Tim medis Puskesmas Warungkondang memeriksa Warga Kampung Cilumping, Desa Sukamulya, Kecamatan Warungkondang, Cianjur yang terserang penyakit chikungunya, Kamis (13/8/2020). 

TRIBUNNEWS.COM - Wabah chikungunya melanda Kampung Cilumping RW 02, Desa Sukamulya, Kecamatan Warungkondang, sejak dua pekan lalu.

Kini tercatat puluhan warga terjangkit wabah tersebut. Gejala yang mereka alami, yakni mual, pusing, demam dan panas tinggi serta nyeri di persendian akibat terjangkit chikungunya.

Ketua RW setempat Ahmad Kosasih menyebutkan, penyakit chikungunya awalnya menyerang seorang warga setempat, kemudian terus bertambah jumlahnya dalam dua pekan terakhir.

Baca: 35 Kasus DBD Terjadi di Ambon Periode Januari Hingga Juni 2020, 3 di Antaranya Meninggal Dunia

"Saat ini yang terdata sudah 40 orang, termasuk saya. Saya juga kena ini, badan masih sakit dan ngilu serta kepala pusing," kata Kosasih saat ditemui Kompas.com di rumahnya, Jumat (14/8/2020) petang.

Tangan dan kaki sulit digerakkan

Kosasih mengaku, kondisinya saat ini semakin membaik. Sebelumnya, selama hampir sepekan ia nyaris tergolek tak berdaya d atas tempat tidurnya.

"Apalagi setiap bangum tidur, tangan dan kaki sulit digerakkan, sakit dan ngilu. Tapi, sekarang Alhamdulilah agak mendingan setelah diobati dari puskesmas," ujar dia.

Baca: Penderita Penyakit Chikungunya di Desa Sukamulya Cianjur Bertambah Jadi 45 Orang

Kondisi serupa dirasakan Ujang (45). Ia bahkan mengaku sampai harus merangkak ke kamar mandi karena badannya tak bisa digerakkan akibat persendian ngilu dan sakit.

Chikungunya
Chikungunya (IST)

"Kalau sudah kambuh benar-benar sakit, tidak bisa berbuat apa-apa," ucapnya.

Ujang menyebutkan, semua anggota keluarganya ikut terjangkit, kendati kondisinya terus membaik.

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved