Breaking News:

Butuh Sinergi Lintas Kementerian untuk Wujudkan Desa Berketahanan Sosial

Pusat Penyuluhan Sosial Kemensos menjalin kerja sama lintas kementerian/lembaga dalam mewujudkan desa berketahanan sosial.

ist
Kegiatan sinergitas kerja sama lintas kementerian/lembaga dalam mewujudkan desa berketahanan sosial. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, SUKABUMI - Pusat Penyuluhan Sosial Kemensos menjalin kerja sama lintas kementerian/lembaga dalam mewujudkan desa berketahanan sosial.

Ini dilakukan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan sosial masyarakat penduduk miskin dan rentan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan kelembagaan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Kepala BP3S Kemensos Syahabuddin mengatakan, Desa berketahanan sosial merupakan kondisi ideal yang diharapkan dari desa atau sebuah kelurahan.

Baca: Terkendala Akses dan Transportasi, Beberapa Desa di Maluku Belum 100 Persen Terjamah Listrik

Desa berketahanan sosial memiliki kesiapan sumber daya, kemampuan, dan kemauan untuk mencegah, serta mengatasi masalah-masalah kesejahteraan sosial secara mandiri dan berkelanjutan.

"Desa berketahanan sosial dapat dilihat dari meningkatnya kapasitas SDM masyarakat dalam mengelola potensi dan sumber daya serta kearfian lokal masyarakat, menguatnya nilai-nilai partisipasi sosial, gotong royong, dan swadaya sosial," kata Syahabuddin saat membuka kegiatan sinergitas kerja sama lintas kementerian/lembaga dalam mewujudkan desa berketahanan sosial, di Hotel Santika Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (25/8/2020).

Desa berketahanan sosial juga memiliki kemampuan mengorganisir potensi/sumber daya yang ada melalui kelembagaan lokal masyarakat.

Baca: Kemendes PDTT Sebar Masker di Desa, Gus Jazil: Kami Apresiasi Sebab Covid Bisa Menular di Mana Saja

Program kegiatan desa berketahanan sosial diwujudkan melalui pengembangan peran dan fungsi penyuluh sosial masyarakat (Pensosmas) dalam menjalankan Proses KIE, sekaligus menjadi agen perubahan masyarakat, penyuluh sosial transformatif, bimbingan sosial, dan penguatan kelembagaan lokal.

Sinergi kerja sama dengan seluruh unit Kemensos, serta kerja sama lintas kementerian/lembaga sangat dibutuhkan dalam mengoptimalkan terwujudnya tujuan desa berketahanan sosial.

Lanjar, Sekretaris Deputi Bidang Penguatan Inovasi Kemenristek/Brin menyampaikan sinergi ini diharapkan bisa mendorong program Desa berketahanan sosial bisa memanfaatkan inovasi dan tehnologi yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kualitas produk nilai produk dan pengetahuan masyarakat yang sesuai wilayah dan kebutuhan di daerah tersebut.

Baca: Mantan Kades Bantargebang Diduga Korupsi Dana Desa Rp 1,3 Miliar, Terancam 20 Tahun Penjara

Syahabuddin mengharapkan dua hal. Sinergi program/kegiatan yang bisa membantu meningkatkan peran dan fungsi penyuluh sosial masyarakat dalam upaya memanfaatkan potensi/sumber dari kearifan lokal masyarakat, sehingga memiliki nilai bagi peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat.

“Harapan selanjutnya, antar kementerian/lembaga dapat sinergi dalam membentuk dan memperkuat kelembagaan lokal yang ada di masyarakat, sehingga mampu mengelola potensi/sumber yang ada, meningkatkan kapasitas SDM masyarakat,serta membangun dan memperluas jaringan sosial,” ucapnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved