Breaking News:

Erupsi Gunung Merapi

Objek Wisata KRB di Klaten Tutup, di Antaranya Jalur Pendakian Merapi dan Sapu Angin

Seluruh pengelola wisata di 3 Desa tersebut yang masuk dalam KRB III Gunung Merapi diminta untuk menutup sementara aktivitas wisata.

Tribunjogja.com/Almurfi Syofyan
Penampakan Gunung Merapi dari Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Jumat (6/11/2020). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Mardon Widiyanto

TRIBUNNEWS.COM, KLATEN - Mulai Kamis (5/11/2020), Dinas Pariwasata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Disparbudpora) Klaten menutup daerah tujuan wisata di kawasan rawan bencana III Gunung Merapi.

Penutupan daerah wisata di KRB III Gunung Merapi diberlakukan pasca naiknya status Gunung Merapi ini dari waspada menjadi siaga.

Berdasarkan informasi yang dihimpun TribunSolom.com, Surat Disparbudpora bernomor 556/762/13 ditujukan kepada berbagai pihak seperti Kepala Taman Nasional Gunung Merapi, Camat Kemalang, Kepala Desa Balerante, Kepala Desa Sidorejo, serta Kepala Desa Tegalmulyo.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, Tempat Pengusian Bagi Pengungsi Merapi Diberi Penyekat Khusus

Isinya memerintahkan kepada seluruh pengelola wisata di 3 Desa tersebut yang masuk dalam KRB III Gunung Merapi untuk menutup sementara aktivitas wisata.

Penutupan sementara aktivitas wisata termasuk jalur pendakian puncak Merapi sampai terjadi penurunan status aktivitas Gunung Merapi.

Selain itu dalam surat tersebut juga meminta untuk pengelola wisata untuk mengambil langkah-langkah pengamanan dan penyelamatan terhadap sumber daya wisata yang dimiliki apabila terjadi erupsi Gunung Merapi.

Surat itu juga menulis untuk tetap berkoordinasi dan ikuti pentukuk dan arahan dari BPBD dan instansi terkait.

Serta memberikan sosialisasi dan informasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan wisata di KRB III.

Plt Kepala Disparbudpora Klaten, Sri Nugroho mengatakan keluarnya surat itu untuk mengantisipasi keselamatan dan perkembangan status Merapi saat ini.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved