Breaking News:

Pemkot Ambon Tawarkan Program CityCat dan Bus Air pada Dirjen Hubda untuk Urai Kemacetan

CityCat adalah moda transporasi publik yang menggunakan jalur air yaitu Sungai Brisbane dan dijamin bebas macet.

Kontributor TribunAmbon.com/Helmy
Suasana teluk Ambon Di dekat dermaga penyebrangan Speed Boad Rute Ambon - Kota Jawa - Wayame. 

Laporan Kontributor tribunambon.com, Helmy

TRIBUNNEWS.COM- Atasi kemacetan, Pemerintah Kota Ambon tawarkan Program CityCat dan Bus Air pada Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubda) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Budi Setiadi.

Hal ini disampaikan Kadishub  Robby Sapulette memaparkan hasil pertemuan Wali Kota Ambon dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubda) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Budi Setiadi.

Pertemuan yang digelar pada Kamis (19/11/2020) lalu di Jakarta itu guna membahas kelengkapan prasarana transportasi di Kota Ambon salah satunya teluk Ambon yang bisa dimanfaatkan untuk mengurai kemacetan kendaraan.

Baca juga: Temui Komunitas Terompet, Walikota: Musik Dapat Meningkatkan Potensi Ekonomi Warga Kota Ambon

Baca juga: Traffic Light Mati saat Hujan Turun, Wali Kota Ambon Minta Kemenhub Ganti Model Baru

Menurut Kadishub, Ada dua program yang ditawarkan oleh Pemerintah Kota Ambon saat pertemuan berlangsung.

Yakni transportasi air yang diberi nama CityCat (singkatan dari City Catamaran) contoh transportasi yang ada  di Kota Brisbane-Australia.

CityCat adalah moda transporasi publik yang menggunakan jalur air yaitu Sungai Brisbane dan dijamin bebas macet, dan dapat juga di terapkan di perairan teluk Ambon.

tribunnews
Suasana teluk Ambon Di dekat dermaga penyebrangan Speed Boad Rute Ambon - Kota Jawa - Wayame. (Kontributor TribunAmbon.com/Helmy)

"Kita bicarakan soal transportasi teluk, untuk mengurangi kepadatan dan kemacetan di darat. Kita mungkin ambil contoh di kota Brisbane-Australia dimana moda transportasi airnya yang diberi nama CityCat (singkatan dari City Catamaran), kita bisa adopsi dan terapkan di teluk Ambon." terangnya.

Hal ini sempat menjadi pembicaraan yang serius dalam pertemuan tersebut.

Selain CityCat, Pemkot Ambon juga menawarkan Program Bus Air yang juga dapat membantu mengurangi kepadatan dan kemacetan di darat.

Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved