Breaking News:

Cerita Kakek Nenek Selamat Usai Rumahnya Ambruk Tertimpa Longsor, Sedang Makan Dengar Suara Gemuruh

Sebuah rumah di Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya ambruk tertimpa longsor, Minggu (13/12/2020) malam.

TribunJabar.id, Firman Suryaman
Sebuah rumah di Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya ambruk tertimpa longsor, Minggu (13/12/2020) malam. Rumah tersebut milik pasangan suami istri yang sudah lanjut usia Sudinta (75) dan Engkom (65). 

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah rumah di Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya ambruk tertimpa longsor, Minggu (13/12/2020) malam.

Rumah tersebut milik pasangan suami istri yang sudah lanjut usia Sudinta (75) dan Engkom (65).

Beruntung, kakek dan nenek tersebut berhasil selamat dari peristiwa tersebut.

"Alhamdulillah saya dan istri bisa selamat, padahal rumah ambruk tertimpa longsor," ujar Sudinta yang hanya mengalami luka lecet di kaki, saat ditemui, Senin (14/12).

Sudinta menuturkan, saat musibah terjadi ia bersama istrinya sedang makan di dapur.

Tiba-tiba terdengar suara gemuruh disusul kemudian material tanah yang menjebol dinding bilik dapur dan menimpa keduanya.

"Saya langsung melindungi istri dari hantaman material tanah dengan cara memeluk dari belakang. Setelah itu saya hanya bisa pasrah dan sempat mendengar rumah ambruk," ujar Sudinta.

Baca juga: 17 Titik Tanggul Sepanjang Daerah Aliran Sungai Brantas di Jatim Rawan Longsor

Baca juga: 50 KK di Magetan Terancam Terkubur Hidup-hidup Akibat Tebing 100 Meter Longsor ke Pemukiman

Setelah suasana mulai mereda, Sudinta langsung berucap syukur karena merasakan tak ada benda apa pun yang menimpa tubuh ia dan istrinya walau rumah ambruk.

Namun ia mendapati muka Engkom berdarah-darah diduga semoat terhantam benda. Ia pun akhirnya merasakan sakit di bagian kakinya.

Tak lama warga berdatangan dan memanggil-manggil namanya. Sudinta pun menyahut, dan warga pun akhirnya menemukan Sudinta bersama Engkom di bawah puing-puing rumah.

Karena rumah sudah ambruk dan hanya tinggal bagian atap, warga melakukan upaya penyelamatan melalui atap rumah, dengan cara menyingkirkan genting dan memotong reng.

Setelah berhasil dievakuasi, malam itu juga warga membawa kedua korban yang selamat ke Puskesmas. Luka-luka di muka Engkom cukup serius sehingga perlu dipasang perban.

"Alhamdulillah, segini juga masih diberikan keselamatan oleh Allah SWT," kata Sudinta. Sementara Engkom tampak masih trauma.

(TribunJabar.id, Firman Suryaman)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Cerita Kakek Sudinta Saat Rumahnya Ambruk Diterjang Longsor, Istrinya Luka-luka di Wajah

Editor: Nanda Lusiana Saputri
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved